Ikuti Internship di NAIST Jepang, Mahasiswa Unsoed Belajar di Laboratorium Computational Systems Biology

- Rabu, 25 Januari 2023 | 17:35 WIB
Empat orang mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ikuti internship di NAIST Jepang.(SM Banyumas/Dok)
Empat orang mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ikuti internship di NAIST Jepang.(SM Banyumas/Dok)

Suaramerdeka-banyumas.com- Empat orang mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berkesempatan mengunjungi dan belajar Laboratorium Computational Systems Biology di Jepang saat mengikuti internship di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada 17 Januari – 3 Februari 2023.

Fikra Adzzaky, M Hendrick Sedayu, Fajrul Iman dan S. Arlian Situmeang memiliki fokus riset di bidang kecerdasan buatan, sistem pakar, serta pengolahan citra digital.

Hendrick Sedayu menyatakan Laboratorium Computational Systems Biology yang mereka kunjungi merupakan bagian dari Divisi Information Science di Jepang.

Baca Juga: Utamakan Kualitas, Pj Bupati Cilacap Minta Pekerjaan Fisik Tak Boleh Ada Praktik Suap

"Di bawah bimbingan dosen pembimbing Md Altaf Ul Amin, kami melakukan berbagai kegiatan di laboratorium. Beliau merupakan Associate Professor di bidang Computational Systems Biology, dengan fokus riset di bidang metablomic, proteomic, graph clustering, dan data mining," jelas

Dijelaskan Dayu, dalam kegiatan ini mereka mempresentasikan topik tugas akhir kami yang juga berkaitan dengan biologi yaitu Sel Blast.

Para mahasiswa mempelajari cara pengambilan data, pengolahan data, klasifikasi dan klasterisasi pada data biologis, di dalamnya terdapat metode metris pengukuran jarak antar data, klasterisasi menggunakan Graph Clustering dan klasifikasi Random Forest Classifier.

Baca Juga: 108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

"Beruntung juga karena kami juga didampingi senior kami, Muhammad Alqaaf, alumni Teknik Elektro Unsoed, yang sedang menempuh S2 di NAIST, dan beserta beberapa mahasiswa asal Indonesia lainnya," kata Dayu.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X