Ini Dia Profil Desa Perajin Sangkar Burung Banjarsari Ajibarang, Desa Asal Samini Wisudawan Terbaik Unsoed

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:38 WIB
Sejumlah perempuan di Desa Banjarsari Kecamatan Ajibarang saat membuat sangkar burung (SM Banyumas/instagram Ajibarang_Keren)
Sejumlah perempuan di Desa Banjarsari Kecamatan Ajibarang saat membuat sangkar burung (SM Banyumas/instagram Ajibarang_Keren)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com- Desa Banjarsari Kecamatan Ajibarang merupakan desa asal lahir dan besar Samini, wisudawan terbaik Universitas Jenderal Soedirman yang menyandang predikat Cum Laude dengan IPK 3,97 yang diwisuda hari ini Selasa 24 Januari 2023.

Dirangkum dari berbagai sumber dan pantauan Suara Merdeka Banyumas di lapangan, Desa Banjarsari ini memang terkenal sebagai desa penghasil sangkar burung dan aneka kerajinan bambu lainnya seperti tudung, cething dan perkakas rumah tangga dan pertanian lainnya.

Sebagian besar penduduk di desa ini merupakan para perajin sangkar burung yang dijual hingga ke wilayah Jakarta, Jawa Barat dan lainnya. 

Baca Juga: 16 Wakil Indonesia Berjuang di Babak Kualifikasi dan 32 Besar Daihatsu Indonesia Masters 2023

Dengan berbahan bambu dan kayu serta kini mulai dengan fiber, para warga Banjarsari membuat sangkar burung dengan berbagai variasi produk dan variasi harga. 

Selain sebagai perajin sangkar burung, sebagian penduduk Banjarsari ini merupakan petani dan penderes gula kelapa dan buruh harian sebagaimana Nasam ayah dari Samini. 

Perlu diketahui, Desa Banjarsari merupakan satu dari 15 desa yang ada di Kecamatan Ajibarang.

Baca Juga: 717 Anggota PPS Pemilu 2024 Se-Purbalingga Dilantik, Begini Pesan Bupati

Adapun Desa Banjarsari punya perbatasan wilayah yaitu di Utara Desa Karanglo, Kecamatan Cilongok, Arah Timur Desa Cipete Kecamatan Cilongok, arah Selatan Desa Sawangan dan Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang dan sebelah Barat Desa Kalibenda dan Desa Lesmana kecamatan Ajibarang

Adapun desa yang berada di arah selatan jalan nasional Ajibarang -Purwokerto dan dengan kepala desa Sutarto ini mempunyai 15 grumbul yang merupakan bagian dari dusun. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X