Mirip Ayu Ting Ting, Inilah Samini Anak Buruh Tani, Wisudawan Unsoed Terbaik Lulus 3 Tahun 2 Bulan, IPK 3,97

- Selasa, 24 Januari 2023 | 08:20 WIB
 Samini, wisudawan terbaik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang lulus menempuh pendidikan sarjananya dalam wakt 3 tahun 2 bulan dengan IPK 3,97.
Samini, wisudawan terbaik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang lulus menempuh pendidikan sarjananya dalam wakt 3 tahun 2 bulan dengan IPK 3,97.

INI Ayu Ting Ting? Begitulah sepintas ketika orang melihat foto wajah Samini, wisudawan terbaik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang lulus menempuh pendidikan sarjananya dalam waktu 3 tahun 2 bulan dengan IPK 3,97. 

Selasa, 24 Januari 2023 ini, anak pasangan buruh tani Nasam dan Nasiyah asal Desa Banjarsari, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas ini diwisuda.

Bersama bapak ibunya dari kampung perajin sangkar burung dari Ajibarang, Samini yang merupakan putri bungsu ini mengikuti prosesi wisuda ke-147  di universitas Jenderal Besar dengan menyandang predikat dengan pujian (cum laude).

Sebagai mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dalam program Bidikmisi pada 2019, Samini tak menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar di Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan program Bidikmisi inilah ia berhasil membuktikan bahwa siapapun berhak mendapatkan pendidikan tinggi dengan prestasi yang membanggakan. 

Baca Juga: Samini Berharap Banyak Generasi Muda dari Keluarga Ekonomi Lemah Bisa Meneruskan Kuliah

Ia berhasil lulus dengan cepat dengan IPK tertinggi sebagai wujud bakti ke orang tuanya yang hanya berpekerjaan buruh dari desa pinggiran di Banyumas bagian barat.

IPK hanya sebuah angka, namun bagi saya IPK tinggi adalah pencapaian sebagai wujud pembuktian kepada orang tua saya atas apa yang saya jalani semasa kuliah," katanya. 

Tak mudah bagi Samini untuk menekuni pendidikan dengan latar belakang keluarga dari ekonomi sederhana. Terlebih lagi kehidupan kampus dengan gaya hidup mahasiswa yang beraneka ragam. 

Tapi Samini tetap menatap lurus ke depan, berikhtiar, berdoa dan selalu memohon restu ayah ibunya. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X