Antologi Cerpen "Penjaga Subuh" Karya Ryan Rachman Diluncurkan

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:59 WIB
PELUNCURAN BUKU - Puslitbudpar Unsoed dan SIP Publishing menggelar peluncuran dan bedah buku antologi cerpen karya Ryan Rachman berjudul "Penjaga Subuh" di Gedung Bambang Lelono FIB Unsoed Purwokerto, Jumat (2/12).
PELUNCURAN BUKU - Puslitbudpar Unsoed dan SIP Publishing menggelar peluncuran dan bedah buku antologi cerpen karya Ryan Rachman berjudul "Penjaga Subuh" di Gedung Bambang Lelono FIB Unsoed Purwokerto, Jumat (2/12).

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- Buku antologi cerpen karya Ryan Rachman berjudul "Penjaga Subuh" diluncurkan dan dibedah di Gedung Bambang Lelono Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jumat 2 Desember 2022.

Peluncuran digelar oleh Pusat Penelitian Kebudayaan dan Pariwisata (Puslitbudpar) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed Purwokerto bersama SIP Publishing.

Adapun pembedahnya, Ambita Dhyaningrum mengatakan, secara garis besar, cerpen-cerpen yang ada dalam buku tersebut merefleksikan kesederhanaan, kejujuran dan keikhlasan dalam menangkap ide di sekitar yang dibungkus ala Ryan Rachman. Kemudian, latar belakang penulis sebagai jurnalis juga memperkuat karya-karyanya.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jokowi Berpesan ke KPU Mulai Soal Anggaran hingga Pendidikan Politik Masyarakat ,

"Gagasannya simpel, tapi ada kedalaman, terutama di ending yang mengejutkan. Sebagian besar kuat di bagian resolusi. Ada juga imajinasi yang gila seperti di cerpen yang bercerita seorang penulis muda yang ingin mencuri isi otak penulis senior," kata dosen Sastra Inggris FIB Unsoed tersebut.

Kendati demikian, ada satu dua cerpen yang kurang berhasil alias yang endingnya datar, menggantung dan multitafsir. Kemudian ada logika tokoh yang salah, penggunaan istilah bahasa Inggris yang kurang tepat.

Penulisnya, Ryan Rachman yang juga alumnus Sastra Inggris FIB Unsoed Purwokerto ini mengatakan, ada 21 cerpen yang termaktub dalam buku tersebut.

Baca Juga: Berasa Besti, Jerome Polin Spill Isi DM Bareng Taeyong NCT, Bikin Iri NCTzen

Seluruhnya pernah dimuat di pelbagai media massa, sehingga telah mengalami kurasi dari redaktur sastra. Adapun ide cerita bersumber dari pengalaman personal dan kondisi sosial di sekitar penulis.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X