Faiz Khoirul Fuadi Siswa MAN 2 Banyumas Buat Karya Modifikasi Sepeda Listrik

- Sabtu, 26 November 2022 | 20:42 WIB
Faiz Khoirul Fuadi siswa MAN 2 Banyumas yang membuat hasil karya sepeda listrik. (SM Banyumas/kemenag)
Faiz Khoirul Fuadi siswa MAN 2 Banyumas yang membuat hasil karya sepeda listrik. (SM Banyumas/kemenag)

"Ide ini berawal dari jauhnya jarak rumah saya ke madrasah. Kalau naik motor, jadi boros BBM. Maka saya berinisiatif membuat sepeda listrik yang lebih hemat energi dan tidak memerlukan BBM," ujarnya di Banyumas, Sabtu 26 November 2022 sebagaimana dikutip Suara Merdeka Banyumas. 

Baca Juga: Turun Dari Bus, Penyuplai Psikotropika Illegal ditangkap di Terminal Bulupitu

Adapun cara kerja sepeda listrik modifikasinya bergerak dengan memanfaatkan Dinamo bldc 350 watt yang ia beli bekas dari medsos Facebook.

 Untuk baterai menggunakan 4 buah Accu kering dari mesin sprayer penyemprot padi. Accu kering dirangkai seri, dengan kontroler 48 volt. 

"Sedangkan untuk mengisi ulang daya listrik, cukup menghubungkan charger ke stopkontak dengan lama pengisian 6 jam dan bisa untuk menempuh jarak 30 km, dengan kecepatan maksimal 35 km/jam," ungkap Faiz.

Baca Juga: Piala Dunia 2022, Inggris Ditahan Amerika Serikat

Guru Vokasi dan Kewirausahaan MAN 2 Banyumas Hari Prasetio berharap kemampuan Faiz untuk mengembangkan ide membuat sepeda listrik, dapat memotivasi teman-temannya.

"Faiz mempunyai kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan bisa dijadikan pilihan masa depan sekaligus membuka peluang guna menumbuhkan usaha," katanya.

Kepala MAN 2 Banyumas Muhamad Siswanto mengapresiasi kreativitas dari Faiz Khoirul Fuadi yang telah berhasil berkarya lewat sepeda listriknya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X