Keren, SMP 1 Padamara 2 Kali Raih Penghargaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dari Kemendikbud Ristek

- Jumat, 25 November 2022 | 06:45 WIB
 TERIMA PENGHARGAAN: SMP 1 Purbalingga memeroleh penghargaan UKBI) Adaptif Merdeka dari Kemdikbud Ristek RI. Penyerahan hadiah diberikan secara simbolis Kepala Balai Bahasa Jateng Ganjar kepada Kepala Dindikbud Purbalingga Tri Gunawan.  (SM Banyumas/Dok)
TERIMA PENGHARGAAN: SMP 1 Purbalingga memeroleh penghargaan UKBI) Adaptif Merdeka dari Kemdikbud Ristek RI. Penyerahan hadiah diberikan secara simbolis Kepala Balai Bahasa Jateng Ganjar kepada Kepala Dindikbud Purbalingga Tri Gunawan.  (SM Banyumas/Dok)
PURBALINGGA,suaramerdeka-banyumas.com - Untuk kali kedua, SMP 1 Padamara mendapatkan penghargaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (KemdikbudRistek) RI.
 
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Harimansyah mengatakan, UKBI Adaptif Merdeka merupakan program dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Ristek sebagai bagian dari prioritas dalam konteks literasi.
 
Para penutur bahasa Indonesia kompetensi bahasanya diuji dalam berbagai ranah.
 
"Melalui apresiasi UKBI ini, mendorong sekolah untuk menyelenggarakan UKBI dari pelaksanaan uji para siswa dan guru.
 
 
SMP 1 Padamara ini giat sekali. Tahun lalu dapat penghargaan, tahun ini dapat lagi," katanya saat penyerahan hadiah UKBI kepada Kepala Dindikbud Purbalingga di Aula Soedirman dinas setempat, Kamis, 24 November 2022.
 
Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Sunarti mengatakan, UKBI mulai digelar sejak 2021 dan diiringi dengan apresiasi.
 
Tahun 2021 ada 40 sekolah se-Indonesia, tahun ini 15 sekolah. SMP 1 Padamara mendapat kali kedua.
 
 
"Saat ini kami terus bersosialisasi dengan pemangku bidang pendidikan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi agar sekolah mau melaksanakan UKBI. Kami meminta fasilitas UKBI gratis dari kementerian untuk sekolah tersebut," katanya.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setiadi mengatakan, tahun lalu ada empat sekolah yang mengikuti UKBI yakni SMP 1 Padamara, SMP 1 Kalimanah, SMP 1 Kaligondang dan SMP 2 Pengadegan.
 
SMP 1 Padamara ke 15 besar tingkat nasional dan meraih penghargaan dari Kementerian.
 
"SMP 1 Padamara dapat 2 tahun berturut-turut. Besok tidak boleh ikut lagi. Harapannya, sekolah yang lain bisa meneruskan. Kepala sekolah dan guru Bahasa Indonesianya menjadi mentor di sekolah lain," katanya.
 
 
Kepala SMP 1 Padamara, Eni Rundiati mengatakan, penghargaan tersebut atas kerja keras seluruh warga sekolah dalam mendukung program UKBI yang dikoordinatori oleh Guru Bahasa Indonesia, Untung Pujiarto. 
 
Koordinator UKBI SMP 1 Padamara, Untung Pujiarto menjelaskan, pelaksanaan UKBI sejak Juni dilakukan dengan peserta siswa. Kemudian pihaknya membuat video pendukung dan artikel pendukung dan penilaian pada September. 
 
"Pengumuman pada puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 28 Oktober lalu. Kami peringkat 4 dari 15 terbaik. Satu-satunya di Jateng. Tahun lalu peringkat 11 dari 40 peserta," katanya. **
 
 
 
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X