Bangkitkan Kegiatan Keagamaan Pascapandemi, UIN Saizu Adakan Pendampingan di Musala Daarul Uluum

- Senin, 21 November 2022 | 17:46 WIB
FOTO BERSAMA : Tim Pengabdian UIN Saizu foto bersama dengan para santri usai kejuaraan Islamic Competiton TPQ Daarul Uluum. (foto dok)
FOTO BERSAMA : Tim Pengabdian UIN Saizu foto bersama dengan para santri usai kejuaraan Islamic Competiton TPQ Daarul Uluum. (foto dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan pendampingan di Musala Daarul Uluum Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara.

Pendampingan dilatarbelakangi oleh peralihan kegiatan rutin keagamaan di musala itu yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, kemudian dilaksanakan secara online akibat pandemi Covid 19.

Rutinitas kegiatan online dinilai kurang efektif karena para jemaah yang mengikuti kegiatan keagamaan mayoritas warga lansia yang sebagian tidak memiliki ponsel pintar.

Ketua Tim Pengabdian, Dr.H.M. Slamet Yahya,M.Ag. mengatakan, diadakannya kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kembali semangat warga Kelurahan Purwanegara dalam kegiatan keagamaan di Musala Daarul Uluum.

Baca Juga: Rumah Warga Cimanggu Terbakar, Kerugian Capai Rp 30 Juta

Kegiatan pengabdian berbasis riset ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan secara rutin di TPQ Daarul Uluum dan pendampingan kajian tafsir.

Pada awal pendampingan, jemaah yang mengikuti kegiatan keagamaan sangat sedikit dan sistem administrasi belum berjalan sama sekali.

Tim pengabdi memulai merintis dengan kegiatan–kegiatan yang sebelumnya berjalan, namun saat pandemi berhenti.

Untuk menarik semangat jemaah kembali, diadakan kegiatan praktik bersuci dari hadas dan najis, Rabu (12/10), praktik perawatan jenazah, Rabu (26/10) dan manasik haji.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X