Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan FPIK Unsoed di Cilacap Ditarget Selesai 3 Tahun

- Selasa, 15 November 2022 | 17:52 WIB
Patung Jenderal Soedirman yang menjadi ikon Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
Patung Jenderal Soedirman yang menjadi ikon Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Pembangunan fasilitas perkuliahan Fakultas Kedokteran serta Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPIK) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di Kabupaten Cilacap, ditarget selesai dalam waktu 3 tahun.

Pihak Unsoed bakal membangun dua komplek fasilitas ini di atas tanah hibah tanah dari Pemkab Cilacap.

Ketika dikonfirmasi, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Unsoed, Waluyo Handoko mengatakan, sesuai kesepakatan dengan pemerintah daerah setempat, pembangunan gedung perkuliahan di Desa Menganti dan Kelurahan Tegalkamulyan, Cilacap Selatan dirampungkan dalam waktu maksimal 3 tahun.

Saat ini pihaknya tengah mematangkan rencana pembangunan baik dari sisi desain dan pembiayaan.

Baca Juga: Tanah Hibah Pemkab Cilacap kepada Unsoed, Dipakai Pengembangan FPIK serta Fakultas Kedokteran

"Ada beberapa skema yang disusun. Untuk (gedung) FPIK dan FK (di Cilacap) dibayai dengan anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2025. (Metode pembiayaan) ini mirip dengan pembangunan gedung IAB (Integrated Academic Building) Unsoed serta Fakultas Teknik yang juga menggunakan SBSN," terangnya, Selasa, 15 November 2022.

Waluyo menjelaskan, selain rencana pembangunan fasilitas perkuliahan di Cilacap, Unsoed juga menggunakan skema pembiayaan SBSN tahun 2024 untuk pengembangan Fakultas Kedokteran (belakang RSU Margono Soekarjo Purwokerto), berupa penambahan ruang laboratorium dan peningkatan kapasitas ruang kuliah.

Menurutnya, perkiraan anggaran yang digunakan untuk pembangunan FPIK di Cilacap mencapai Rp 80 miliar.

Baca Juga: 'Ora Nyusu Ora Lopyu', Cara Mahasiswa Unsoed Kampanyekan Minum Susu

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X