Dindik Banyumas Dorong Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

- Minggu, 13 November 2022 | 19:57 WIB
Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Topik Memahami Asesmen Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar (Pexels.com / Yan Krukov)
Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Topik Memahami Asesmen Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar (Pexels.com / Yan Krukov)


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas terus mendorong guru dn Kabupaten Banyumas untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform Merdeka mengajar (PMM).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono mengatakan PMM merupakan platform teknologi yang disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar menggunakan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier.

" Platform Merdeka Mengajar diperuntukkan bagi para guru dan kepala sekolah. Jadi bukan semata untuk guru mata pelajaran saja. Kami berharap optimalkan PMM ini untuk pembelajaran yang lebih menarik, " jelasnya.

Baca Juga: Bungkam ION Beta, Bigetron Alpha Akhirnya Raih Piala Presiden Esports 2022

Dijelaskan Joko Wiyono, platform Merdeka Mengajar menyediakan beragam materi mengajar yang dapat diterapkan langsung di kelas, serta beragam materi pelatihan yang bisa menunjang guru dalam berkarya dan meningkatkan kompetensi.

Hingga November 2022 ini, do Banyumas, jumlah sekolah (semua jenjang) pendaftar IKM (implementasi kurikulum merdeka) sudah ada 1382 sekolah.

"Jumlah sekolah yg sudah login PMM : 1344 sekolah atau 97,25 prosen. Jumlah Pendidik dan Tenaga kependidikan (PTK) yg mendaftar IKM (semua jenjang) 14.941 orang," katanya.

Baca Juga: BRI Borong Tiga Penghargaan Jambore PR Indonesia

Joko Wiyono berharap sebagaimana tujuan pendidikan nasional, kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Guru memiliki keleluasaan untukmemilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapatdisesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X