Motivasi Mahasiswa Berwirausaha, RMI Banjarnegara Kenalkan Bisnis Model Canvas

- Rabu, 9 November 2022 | 23:39 WIB
Kuliah praktisi yang menghadirkan Rumah Mocaf Indonesia Banjarnegara di Ballroom Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB Unsoed) Purwokerto, Senin, 7 November 2022. (SMBanyumas/istimewa)
Kuliah praktisi yang menghadirkan Rumah Mocaf Indonesia Banjarnegara di Ballroom Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB Unsoed) Purwokerto, Senin, 7 November 2022. (SMBanyumas/istimewa)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Rumah Mocaf Indonesia (RMI) Banjarnegara mengenalkan bisnis model canvas pada kuliah praktisi bertajuk Pengembangan Socio-Agrotechnopreneurship Berbasis Singkong, Mocaf, dan Produk Diversifikasinya untuk Menguatkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan serta Pemulihan Ekonomi Nasional di Era Society 5.0.

Akhmad Arwyn Imamur Rozi dari RMI memaparkan, pengembangan bisnis pada era sekarang ini akan sangat baik bila menerapkan bisnis model canvas.

"Model ini adalah sebuah strategi untuk merencanakan bisnis ke dalam bentuk visual. Tujuannya untuk mempermudah dalam melihat gambaran ide bisnis serta mempercepat realisasinya," urainya saat memotivasi mahasiswa di Ballroom Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB Unsoed) Purwokerto, Senin, 7 November 2022.

Elemen bisnis model canvas antara lain customer segments, value propositions, channels, customer relation, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure.

Baca Juga: Askrindo Perkuat Kerja Sama dengan Mitra Bisnis

Pengalamannya sebagai Director of Business Development PT Rumah Mocaf Indonesia membuatnya berhasil menerapkan model bisnis ini dengan baik.

Hasilnya, produk Mocafine dapat dipasarkan hingga ke luar negeri.

Arwyn menambahkan, kunci utama yang menunjang bisnis Rumah Mocaf Indonesia adalah sumber daya manusia.

Director of Operations RMI Banjarnegara, Wakhyu Budi Utami, menjelaskan wirausaha yang digelutinya itu berawal dari keinginan untuk membantu penyelesaian masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X