Mudahkan Penelusuran Minat dan Bakat Anak, IT Telkom Purwokerto dan Hompimpaa Luncurkan Platform Berbasis AI

- Jumat, 4 November 2022 | 22:06 WIB
Rektor IT Telkom Purwokerto, Arfianto Fahmi memindai tangan saat peluncuran platform daring hompimpaa.id untuk membantu asesmen minat dan bakat anak berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Ruang Rektorat kampus setempat, Jumat, 4 November 2022.  (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
Rektor IT Telkom Purwokerto, Arfianto Fahmi memindai tangan saat peluncuran platform daring hompimpaa.id untuk membantu asesmen minat dan bakat anak berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Ruang Rektorat kampus setempat, Jumat, 4 November 2022. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto melalui program Kedaireka yang berkolaborasi dengan Hompimpaa dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Banyumas sebagai mitra meluncurkan platform daring berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Platform bernama hompimpaa.id itu dikhususkan untuk melakukan asesmen atau penelusuran terhadap minat dan bakat anak sejak usia dini.

Chief Executive Officer (CEO) hompimpaa.id, Hilmy Nugraha mengatakan, pembuatan platform tersebut dilatarbelakangi pengalaman pribadi yaitu banyak anak yang mengalami 'salah jurusan' ketika beranjak dewasa.

Hal ini terjadi karena orang tua cenderung tidak mengetahui maupun mengasah minat dan bakat anak semenjak kecil.

"Platform ini memudahkan orang tua dan pendidik untuk mengetahui minat dan bakat anak. Jadi isinya tentang apa saja dan bisa belajar dimana saja," kata dia saat memberikan sambutan pada peluncuran platform daring tersebut di Gedung Rektorat IT Telkom Purwokerto, Jumat, 4 November 2022.

Baca Juga: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa UIN Saizu Purwokerto, Didiseminasikan

Gayung bersambut, pihaknya memutuskan berkolaborasi dengan Kedaireka IT Telkom Purwokerto serta Himpaudi Banyumas untuk menggarap platform yang lebih canggih.

Secara teknis, Hilmy menjelaskan orang tua maupun pendidik yang ingin menggunakan platform hompimpaa.id harus mendaftarkan anak didik melalui laman yang tersedia.

"Ini pakai website www.hompimpaa.id. Di situ mendaftar orang tua atau pendidik kemudian mengisi nama anaknya. Saat mendaftar, di situ ada pilihan asesmen, misalnya apakah anak tersebut suka bermain kotor-kotor, bermain di luar ada sekitar 32 pertanyaan. Setelah itu hasilnya keluar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB

Hebat, Mahasiswa UIN Saizu Jadi Duta GenRe Purbalingga

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:49 WIB

UIN Saizu Kirim Relawan Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:57 WIB
X