Temuan Tempat Sampah Terapung, dan Filter Asap Kenalpot Siswa Asal Cilacap, Raih Medali di Taiwan

- Selasa, 1 November 2022 | 21:14 WIB
smart floating trash karya siswa asal SMAN 1 Maos Cilacap  (istimewa)
smart floating trash karya siswa asal SMAN 1 Maos Cilacap (istimewa)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Buat tempat sampah terapung, dan manfaatkan tanaman jarak cina untuk filter asap kenalpot, siswa SMA asal Cilacap raih dua medali perak di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) tahun 2022 yang digelar di Taiwan.

Mengutip laman resmi Pemkab Cilacap, karya para siswa yang berhasil meraih medali perak yaitu Smart Floating Trash karya Kis Rindiana Subroto, Novita Dian Susilowati dan Dyanti Arisa Nurrizki. Lalu, Jatrophine Filter karya Edi Mustofa Yulianto, Nafisah Nurhayati dan Hazel Rajendra Althaaf Geodikla. Mereka merupakan siswa SMAN 1 Maos, Cilacap.

Baca Juga: Alhamdulillah, PFC Selesai Direvitalisasi, 306 Pedagang Kini Bisa Berjualan Nyaman

Kis Rindiana Subroto, Novita Dian Susilowati dan Dyanti Arisa Nurrizki membuat tempat sampah terapung yang aman saat terjadi banjir, sehingga sampah yang ada di dalamnya tidak akan tumpah dan hanyut terbawa aliran banjir. Penemuan ini termasuk kategori teknologi ramah lingkungan.

Sementara itu temuan dari Edi Mustofa Yulianto, Nafisah Nurhayati dan Hazel Rajendra Althaaf Geodikla berupa pemanfaatan daun tanaman Jarak Cina sebagai filter asap kenalpot untuk menyaring polusi udara, yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit saluran pernafasan.

Ajang IEYI 2022 diikuti berbagai negara diantaranya Indonesia, Taiwan, Rusia, Belarusia, India, Italia, Jepang, Singapura, Hongkong, China, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jadwal Hylo Open 2022, Lima Wakil Indonesia Akan Bertanding Hari Ini

IEYI, yang digelar setiap tahun merupakan ajang kompetisi ilmiah remaja tingkat internasional guna merangsang inovasi, serta penemuan. Ajang itu juga merupakan pameran internasional kreativitas pemuda.

Pada ajang itu delegasi Indonesia mengirimkan 15 tim dalam naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Ajang IEYI 2022 digelar dari tanggal 1 Juli sampai 1 November 2022 secara daring karena masih dalam pandemi Covid-19.***

Editor: Gayhul Dhika

Sumber: cilacapkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X