Tumbuhkan Nasionalisme, Pakaian Adat Dapat Jadi Pilihan Seragam Sekolah

- Senin, 24 Oktober 2022 | 15:07 WIB
TATAP MUKA: Siswa belajar secara tatap muka di SD negeri 1 Sokanegara, Purwokerto, beberapa waktu lalu. Siswa sekolah kini memiliki pilihan seragam memakai pakaian adat. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)
TATAP MUKA: Siswa belajar secara tatap muka di SD negeri 1 Sokanegara, Purwokerto, beberapa waktu lalu. Siswa sekolah kini memiliki pilihan seragam memakai pakaian adat. (SMBanyumas/Nugroho Pandhu Sukmono)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Untuk menanamkan dan menumbuhkan nasionalisme, para siswa di Indonesia kini dapat mengenakan pakaian adat sebagai salah satu pilihan seragam sekolah.

Pemakaian pakaian adat sebagai pilihan seragam sekolah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam aturan yang berlaku mulai 7 September 2022, para siswa di Indonesia dapat memakai pakaian adat pada hari atau acara adat tertentu.

Permendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 pada Pasal 3 menyebutkan, terdapat tiga jenis seragam sekolah yang digunakan siswa SD hingga SMA yakni pakaian seragam nasional, pakaian seragam pramuka, dan pakaian adat.

Baca Juga: Rekap Hasil Final Denmark Open 2022, Indonesia Juara dari Sektor Ganda Putra

Kemudian, pada pasal 4 menyebutkan, Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik di sekolah.

Pemerintah Daerah menetapkan model dan warna pakaian adat dengan memperhatikan hak setiap siswa untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Sehingga, siswa tidak hanya memakai seragam sekolah yang biasa dikenakannya, seperti jenjang Sekolah Dasar (SD) dengan warna merah putih, jenjang SMP memakai pakaian biru putih, dan jenjang SMA dengan pakaian abu-abu putih, serta seragam pramuka dan batik.

Namun, peserta didik memiliki pilihan seragam yang baru dengan mengenakan pakaian adat pada hari atau acara adat tertentu.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: ditpsd.kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB
X