Cuaca Ekstrem, Sekolah di Wilayah Rawan Bencana Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 21:32 WIB
TERTIMBUN LONGSOR: Jalan provinsi Banjarnegara-Pekalongan, tepatnya di Desa Slatri, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara pada Jumat (10/10).(SM Banyumas/Dok BPBD Banjarnegara)
TERTIMBUN LONGSOR: Jalan provinsi Banjarnegara-Pekalongan, tepatnya di Desa Slatri, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara pada Jumat (10/10).(SM Banyumas/Dok BPBD Banjarnegara)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com - Pihak sekolah di Kabupaten Banyumas, terutama di wilayah yang rawan bencana banjir dan longsor, diminta meningkatkan kewaspadaan pada musim penghujan dengan intensitas tinggi. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Leonalto Adi Sasmito mengatakan, pihaknya telah meminta kepada pengelola sekolah dalam menyikapi cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

"Segera lakukan pengecekan terhadap bangunan sekolah. Kalau ada tiang penyangga bangunan sekolah yang sudah membahayakan atau lapuk, segera lakukan penanganan. Jangan sampai menunggu bangunan ambruk dan menimbulkan korban," jelas dia.

Baca Juga: Terseret Arus Banjir di Bogor, Seorang Mahasiswi Diduga Hanyut Sampai Jakarta

Dia mengungkapkan, bencana banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Banyumas belum lama ini, memberikan dampak kerusakan terhadap bangunan di sejumlah sekolah.

"Berdasarkan laporan dari para Kabid (Kepala Bidang) memang ada beberapa sekolah yang terdampak bencana banjir dan longsor akibat hujan deras beberapa waktu lalu," terang dia.

Bahkan ada sekolah yang atap bangunannya dalam kondisi parah.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Bencana Banjir dan Longsor Landa Puluhan Desa di Banyumas

Kemudian dengan adanya bencana banjir dan longsor, kondisinya semakin parah, bahkan informasinya ada yang roboh.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X