Lima Hari Sekolah Diterapkan di Banyumas, Kegiatan Ekstrakurikuler Selain Pramuka Malah Menghilang

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:16 WIB
PULUHAN pembina pramuka mengikuti orientasi pembina dan mabigus Sako Ma'arif Ajibarang di SMA Ma'arif NU 1 Ajibarang, Kamis 21 Oktober 2021.(SM Banyumas/dok).
PULUHAN pembina pramuka mengikuti orientasi pembina dan mabigus Sako Ma'arif Ajibarang di SMA Ma'arif NU 1 Ajibarang, Kamis 21 Oktober 2021.(SM Banyumas/dok).

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Menyusul diterapkannya lima hari sekolah pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Banyumas, sebagian orang tua menilai siswa di jenjang tersebut perlu difasilitasi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul).

Salah satu orang tua siswa, Nita mengaku, sejak diterapkannya lima hari sekolah pada jenjang SD, anaknya tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Saat ini sebagian siswa hanya ikut kegiatan ekstrakurikuler wajib, yakni Pramuka yang biasanya dilaksanakan setiap Jumat.

Padahal sebagian siswa ada pula yang ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang lain.

Baca Juga: Tenaga Non ASN di Cilacap Tercatat Sebanyak 4.109 Orang

"Dulu saat SD masih diterapkan enam hari sekolah, kegiatan ekstrakurikulernya Sabtu. Namun setelah lima hari sekolah, sekarang tidak ada," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Hariyanto, orang tua siswa lainnya. Menurutnya, anak-anak perlu difasilitasi terkait bakat dan minatnya.

Pasalnya potensi yang dimiliki peserta didik tidak hanya terkait kemampuan akademik. Namun sebagian dari mereka juga ada yang mempunyai potensi di bidang non akademik.

Baca Juga: Audiensi dengan Bupati Cilacap, Ini yang Disampaikan Fornascap

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB

Hebat, Mahasiswa UIN Saizu Jadi Duta GenRe Purbalingga

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:49 WIB

UIN Saizu Kirim Relawan Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:57 WIB
X