Tahukah Kamu: Banyak Toponimi Desa Berawalan Ci, Bukti Banyumas- Cilacap 'Terjajah' Sunda

- Minggu, 18 September 2022 | 18:49 WIB
PETA TOPONIMI tempat berawalan Ci- di Kabupaten Banyumas yang disinyalir bentuk pengaruh dari Sunda ke wilayah Banyumas.(SM Banyumas/Hendy Trisnanto)
PETA TOPONIMI tempat berawalan Ci- di Kabupaten Banyumas yang disinyalir bentuk pengaruh dari Sunda ke wilayah Banyumas.(SM Banyumas/Hendy Trisnanto)

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com- Tahukah kamu, kalau wilayah Banyumas-Cilacap dulunya merupakan kawasan lintasan Jawa-Sunda. Bahkan sisa-sisa kebudayaan ini masih terlihat sampai sekarang termasuk lewat toponimi tempat, desa dan lainnya. 

Selain wilayah Cilacap, di wilayah Banyumas terutama di sebelah barat Sungai Logawa dan Mengaji banyak desa yang menggunakan kosa kata Sunda termasuk awalan Ci atau kata lainnya.

Untuk contoh toponimi tempat atau desa-desa berawalan Ci- yang artinya air dalam Bahasa Sunda, antara lain Desa Cilongok, Cikawung, Ciberung, Cibangkong, Cingebul, Cikakak, Cihonje, Cilangkap. 

Baca Juga: Luncurkan Program Solusi Nelayan, Menteri Erick Thohir Pastikan Nelayan Bisa Beli BBM Solar Rp 6.800 Perliter

Selain desa, grumbul atau pedukuhan menggunakan kata Ci juga cukup banyak di wilayah Kabupaten Banyumas, contohnya Citunggul, Cilombang, Cikadu, Cimenyul, Cilanglung, Cirebah, Ciwaras, Cirangkong, Cinuclu, Cihaur, Ciwera, Ciwaru, Cikalong dan lainnya. 

Pakar linguistik dari Universitas Padjadjaran Bandung, Prof Dr Cece Sobarna yang melakukan penelitian linguistik dan toponimi di wilayah Banyumas menjelaskan sisa budaya Sunda dalam bentuk bahasa di Jawa Tengah masih dapat dilacak, baik pada individu masyarakat maupun pada penamaan daerah.

Hal ini tentu menarik untuk dikaji mengingat eksistensi sebuah (suku) bangsa tidak terlepas dari sebuah proses perjalanan budaya (sejarah).

Baca Juga: Tahukah Kamu: Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia dan Indonesia

Di samping itu, wilayah budaya tidak selalu identik dengan wilayah administrasi, sebagaimana terjadi pada Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyalakan Asa Anak-Anak Perempuan Keluarga Duafa

Rabu, 30 November 2022 | 17:26 WIB
X