Tahukah Kamu? Jumlah Penutur Bahasa Indonesia Ada 199 Juta, Tersebar di 47 Negara Dunia

- Selasa, 13 September 2022 | 19:23 WIB
Jumlah penutur Bahasa Indonesia saat ini mencapai 199 juta melebihi Bahasa Melayu (pinterest/twitter)
Jumlah penutur Bahasa Indonesia saat ini mencapai 199 juta melebihi Bahasa Melayu (pinterest/twitter)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Jumlah penutur Bahasa Indonesia saat ini telah mencapai 199 juta dan penyebarannya telah mencapai 47 negara di dunia. 

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) E Aminudin Aziz sebagaimana dikutip dari laman Kemdikbud, menyatakan hal itu sesuai dengan catatan riset etnolog yang dilaporkan pada bulan Desember 2021.

Berbeda dengan Bahasa Indoesia, induk atau asal Bahasa Indonesia yaitu Bahasa Melayu, jumlah penuturnya sekarang ini ada sekitar 19 juta.

Baca Juga: Musim Hujan, Banjarnegara Waspada Bencana Longsor

Bahasa Indonesia berkembang jauh melebihi asal muasalnya (bahasa Melayu) karena bahasa Indonesia setelah penetapan status diangkat menjadi bahasa negara terus dikembangkan korpusnya, kamusnya, ejaan, tata bahasanya hingga seperti sekarang,” jelasnya.

Bahasa Melayu-Indonesia menurutnya, mempunyai bahasa yang serumpun tapi tidak serupa. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan penulisan bahasa Melayu dan bahasa Indonesia yang berbeda.

Dijelaskan Aminudin, bahasa Indonesia banyak menyerap istilah kosa kata dari bahasa asing seperti Inggris, Belanda, dan lain-lain.

Baca Juga: Proyek Perbaikan Jalan Senilai Rp 5 M Putus Kontrak

Selain itu, pengayaan kosa kata bahasa Indonesia berasal dari ratusan bahasa daerah yang ada di indonesia baik Jawa, Sunda, Madura, Banjar, Papua, maupun daerah lainnya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemdikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X