14 September, Pahlawan Perempuan Rasuna Said Lahir, Jadi Google Doodle Juga

- Rabu, 14 September 2022 | 04:41 WIB
PAHLAWAN HR Rasuna Said yang mejadi google doodle hari ini.(SM Banyumas/Google)
PAHLAWAN HR Rasuna Said yang mejadi google doodle hari ini.(SM Banyumas/Google)

Suaramerdeka-banyumas.com- 14 September menjadi tanggal di mana lahirnya pahlawan pendidikan, emansipasi wanita hingga jurnalis sebelum kemerdekaan Hajjah Rangkayo Rasuna Said yang saat ini diabadikan menjadi nama jalan di Jakarta. 

Hari inipun sosok Rasuna Said menjadi google doodle. 

Rasuna Said sangatlah memperhatikan kemajuan dan pendidikan kaum wanita, ia sempat mengajar di Diniyah Putri sebagai guru dan ingin memasukkan pendidikan politik untuk perempuan tetapi ditolak. 

Pada tahun 1926, Rasuna Said aktif dalam organisasi Sarekat Rakyat yang berafiliasi dengan komunis, yang dibubarkan setelah pemberontakan komunis yang gagal di Sumatera Barat pada tahun 1927. Tahun berikutnya, ia menjadi anggota Partai Sarekat Islam, naik ke posisi kepemimpinan cabang Maninjau.

Baca Juga: Hari Ini dalam Sejarah: 13 September, dari Hari Wafatnya RA Kartini 1904 dan Bom Meledak di BEJ tahun 2000

Setelah berdiri pada tahun 1930, ia bergabung dengan Persatuan Muslim Indonesia (Permi), sebuah organisasi berbasis Islam dan nasionalisme. 

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, Rasuna bekerja dengan organisasi-organisasi pro-republik, dan pada tahun 1947 menjadi anggota senior dan ketua bagian perempuan Front Pertahanan Nasional.

Dia kemudian bergabung dengan Volksfront, yang merupakan bagian dari Serikat Perjuangan yang didirikan oleh nasionalis-komunis Tan Malaka. Akibat gesekan antara organisasi ini dengan pemerintah daerah, Rasuna ditempatkan dalam tahanan rumah selama seminggu.

Baca Juga: Masih Mendengarkan Radio? Ini Sejarah Lahirnya Hari Radio 11 September

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Wikipedia, Google

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X