Unsoed Kukuhkan 6.016 Mahasiswa Baru, 42 Orang Berasal dari 12 Negara

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:58 WIB
PASANGKAN JAKET ALMAMATER: Rektor Unsoed Akhmad Sodiq memasangkan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru saat Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023, di Auditorium Graha Wdiyatama Prof Rubijanto Misman, Senin, 8 Agustus 2022. (SMBanyumas/istimewa  )
PASANGKAN JAKET ALMAMATER: Rektor Unsoed Akhmad Sodiq memasangkan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru saat Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023, di Auditorium Graha Wdiyatama Prof Rubijanto Misman, Senin, 8 Agustus 2022. (SMBanyumas/istimewa )

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto secara resmi mengukuhkan 6.016 mahasiswa baru pada Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023, di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman, Senin, 8 Agustus 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Noor Farid mengatakan, mahasiswa yang diterima ini merupakan hasil dari seleksi yaitu Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri (SPMB UTBK, SPMB Non UTBK, SPMB Profesi, SPMB Pascasarjana). Selain itu juga dari Program Adik(Afirmasi Pendidikan Tinggi) dan Program Kuliah Bergelar serta pertukaran mahasiswa.

"Melalui mekanisme seleksi tersebut di atas, berhasil tersaring 6.016 mahasiswa dari 118.668 peminat," ujarnya.

Baca Juga: Polemik RUU KUHP, Pakar Hukum Unsoed: Pemidanaan Tingi Pelaku Korupsi Dibutuhkan Untuk Efek Jera

Dia menjelaskan, selain mahasiswa asal Indonesia, Unsoed juga menjadi rumah dari 42 mahasiswa dari 12 negara yakni, Jepang, Thailand, Bangladesh, Pakistan, Tajikistan, Yaman, Papua Nugini, Timor Leste, Sudan, Nigeria, Libya dan Ghana.

Farid mengatakan, keragaman asal mahasiswa ini menjadi modal kuat untuk mengokohkan ke-Indonesiaan kita melalui interaksi yang saling menghargai kebhinekaan dan kearifan lokal yang merupakan ciri khas dari bangsa.

"Begitu pula, dengan dipercayanya Unsoed oleh mahasiswa dari luar negeri, menunjukkan bahwa kita sedang berada di track-nya menuju perguruan tinggi yang diakui dunia khususnya sebagai yang unggul dalam pusat pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal," jelasnya.

Baca Juga: Unsoed Kukuhkan Tiga Profesor Baru, Ini Bidang Ilmunya

Rektor Unsoed, Akhmad Sodiq mengatakan, selama beberapa waktu ke depan, kampus akan menjadi ruang dan waktu bagi mahasiswa untuk berproses menjadi pribadi yang bertumbuh dan berkembang.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB

Hebat, Mahasiswa UIN Saizu Jadi Duta GenRe Purbalingga

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:49 WIB

UIN Saizu Kirim Relawan Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:57 WIB
X