Uji Coba Lima Hari Sekolah Jenjang SD Mulai 1 Agustus

- Kamis, 28 Juli 2022 | 13:19 WIB
ILUSTRASI LOGO Sekolah Dasar Negeri di Banyumas terapkan lima hari masuk sekolah mulai 1 Agustus 2022 (SM Banyumas/Dok)
ILUSTRASI LOGO Sekolah Dasar Negeri di Banyumas terapkan lima hari masuk sekolah mulai 1 Agustus 2022 (SM Banyumas/Dok)

 



PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Pemkab Banyumas akan melakukan uji coba lima  hari sekolah pada jenjang Sekolah Dasar (SD) negeri mulai 1 Agustus nanti.

Informasi ini disampaikan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dalam akun media sosialnya.  Menurut Bupati, uji coba pelaksanaan lima hari sekolah pada jenjang SD negeri ini pertimbangannya supaya sistem belajar mengajarnya lebih efektif.

Uji coba lima hari sekolah tersebut akan berlangsung selama tiga bulan.  Dalam uji coba ini, para siswa akan mengikuti pembelajaran di sekolah selama lima hari, yakni Senin sampai Jumat.
 
Baca Juga: Jadi Saksi, Kekasih Brigadir J dan Keluarga Minta Pengamanan Polisi

''Pelaksanaannya dengan menambah satu jam belajar setiap harinya. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu, siswa libur,'' terangnya.

Dia menambahkan, setelah tiga bulan berjalan, nanti akan dilakukan evaluasi.  
 
''Setelah tiga bulan baru kita evaluasi dan kita tetapkan apakah belajar lima hari untuk tingkat SD negeri itu akan dilanjutkan atau kita kembalikan seperti semula,'' ujarnya.
 
Baca Juga: Komnas HAM Akan Panggil Irjen Pol Ferdy Sambo

Sementara untuk SD swasta, pihak pengurus yayasan bisa menyesuaikan atau tetap seperti biasa. Kewenangan tersebut diserahkan kepada pihak yayasan.

Terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Leonalto Adi Sasmito mengatakan, kebijakan pemberlakuan lima hari sekolah pada jenjang SD tersebut lebih dalam rangka untuk efektivitas kegiatan pembelajaran.

Selain itu, menurut dia, kebijakan lima hari sekolah ini juga sudah ada payung hukumnya.
 
Baca Juga: Dear Parpol, Ini Syarat Untuk Ikut Pemilu 2024

Dia menjelaskan, sebelum memutuskan untuk mengajukan usulan penerapan lima hari sekolah pada jenjang SD, Dinas  Pendidikan Kabupaten Banyumas telah melakukan studi banding ke wilayah Yogyakarta.

''Beberapa waktu lalu, kami studi banding ke Yogyakarta yang sudah menerapkan lima hari sekolah dan hasilnya memang cukup bagus. 
 
Maka dari itu, kami mencoba untuk diterapkan di sini,'' tambahnya.
 
Baca Juga: BPJamsostek Optimalkan Pelayanan pada MPP Banyumas

Kemudian dari pihak sekolah, dalam hal ini para guru juga menginginkan agar jenjang SD juga menerapkan lima hari sekolah.***
 
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X