Cegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba, Wabup Cilacap Canangkan Sekolah Bersinar

- Minggu, 22 Mei 2022 | 17:12 WIB
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman foto bersama para siswa SMP saat pencanangan Sekolah Bersinar (SM Banyumas/Gayhul Dhika Wicaksana)
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman foto bersama para siswa SMP saat pencanangan Sekolah Bersinar (SM Banyumas/Gayhul Dhika Wicaksana)
CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman mencanangkan program Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar) di lingkungan Sekolah Menengah Pertama, Jumat 20 Mei 2022.
 
Pencanangan Sekolah Bersinar digelar di Aula SMP Negeri 5 Cilacap
 
Menurut Wakil Bupati Syamsul, peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba tidak saja menjadi salah satu isu nasional, tetapi juga sudah menjadi isu global, sehingga semua negara berupaya keras mengatasi persoalan ini dengan menjalin kerjasama bilateral dan multilateral. 
 
 
Bahkan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba telah merasuki sendi-sendi kehidupan manusia dan menjerumuskan generasi muda kepada bentuk tindak pelangaran hukum dan merusak mental dan fisik penggunanya.
 
Kasuistik seperti ini jangan sampai terjadi dikalangan generasi muda atau pelajar di Cilacap.
 
“Mereka sebagai sebagai calon pewaris masa depan bangsa, harus menyiapkan diri menjadi generasi yang unggul dan berkualitas.
 
 
Jangan sampai terjebak dalam langkah yang salah, yang tidak saja dapat mengganggu masa depannya, tetapi lebih jauh lagi dapat menggangu masa depan bangsa dan negara.” Jelas Syamsul.
 
Melalui pembentukan Sekolah Bersinar ini, lanjut Wabup, merupakan salah satu implementasi dari Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika, dan Prekursor Narkotika, serta sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Cilacap yakni Bangga Mbangun Desa,  juga merupakan salah satu upaya prepentif dalam mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan sekolah.
 
"Kegiatan ini jangan hanya seremonial semata, namun harus ada keberlanjutan nya, " kata wabup. 
 
 
Dengan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih, tenaga pendidik dan siswa yang mengerti dan memahami akan bahaya penyalahgunaan narkoba.
 
Wakil Bupati menyerahkan Surat Keputusan Bupati Cilacap  tentang Pembentukan Sekolah Bersinar di Kabupaten Cilacap kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cilacap, SMP Negeri 5 Cilacap, SMP Negeri 8 Cilaap, SMP Negeri 2 Maos dan SMP Swasta Al Irsyad Cilacap.
 
 “Kalau untuk tahap awal pembentukan Sekolah Bersinar baru difokuskan pada beberapa sekolah SMP yang ada di Kabupaten Cilacap,” harapnya.
 
 
Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik - Bakesbangpol Kabupaten Cilacap, Taryo, dalam laporannya menyatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman serta kesadaran bagi seluruh tenaga pendidik maupun siswa akan bahaya penyalahgunaan narkoba, melalui kegiatan pendidikan dan pembinaan tentang upaya  pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi pelajar di Kabupaten Cilacap
 
Adapun muara dari semua itu terciptanya generasi muda/pelajar yang sehat, pelajar yang cerdas yang  terbebas dari Narkoba. 
 
Sedangkan tujuan lain yang hendak dicapai, yaitu membangun sinergitas bagi semua stakeholder narkoba di lingkungan sekolah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.***
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gedung Serbaguna MAN Purbalingga Diharapkan Jadi Ikon

Sabtu, 10 September 2022 | 12:18 WIB

Generasi Muda Didorong Jadi Agen Gerakan Pluralisme

Senin, 5 September 2022 | 08:56 WIB

Moeldoko Resmikan Politeknik GUSDURian

Jumat, 2 September 2022 | 18:59 WIB
X