Lantik Rektor Unsoed, Mendikbudristek: Saya Titip Harapan terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka

- Rabu, 18 Mei 2022 | 16:43 WIB
TANDA JABATAN: Mendikbudristek, Nadiem Makarim mengalungkan tanda jabatan kepada Rektor Unsoed, Akhmad Sodiq saat pelantikan di Auditorium Gedung Kemendikbudristekdikti Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022. (SMBanyumas/istimewa)
TANDA JABATAN: Mendikbudristek, Nadiem Makarim mengalungkan tanda jabatan kepada Rektor Unsoed, Akhmad Sodiq saat pelantikan di Auditorium Gedung Kemendikbudristekdikti Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022. (SMBanyumas/istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto periode 2022 - 2026, Prof Dr Ir Akhmad Sodiq MSc Agr resmi dilantik Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Pada upacara pelantikan di Auditorium Gedung Kemendikbudristekdikti Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022, Mendikbudristek juga melantik Dr Ir Nundang Busaeri MT sebagai Rektor Universitas Siliwangi (Unsil), seorang Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, serta tiga orang pejabat Fungsional Widya Prada Ahli Utama.

Mendikbudristek Nadiem dalam sambutannya mengatakan, kunci keberhasilan mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar sejak tahun 2020 hingga saat ini merupakan buah dari kolaborasi seluruh pihak untuk mendorong kemajuan Pendidikan Indonesia.

Baca Juga: Kang Maman Wanti-wanti Nadiem Makarim Tak Hilangkan Frasa Madrasah dalam UU Sisdiknas

Menurutnya, kolaborasi merupakan kunci utama untuk memulihkan pembelajaran dari dampak learning loss atau berkurangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis, selama masa pendemi.

"Berkenaan dengan hal tersebut upacara pelantikan pejabat yang kita laksanakan hari ini merupakan bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk semakin mengakselerasi kerja sama lintas sektor dan memperluas Gerakan Merdeka Belajar sampai ke seluruh penjuru Indonesia," kata Nadiem.

Kepada rektor yang dilantik, Nadiem menitipkan harapan terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Baca Juga: UTBK SBMPTN Unsoed Dimulai Hari Ini, Peserta Hadir Hanya 95,6 Persen

Di antaranya dengan menciptakan iklim belajar yang kondusif, aman dari segala bentuk kekerasan, serta memerdekakan mahasiswa dalam mengembangkan potensinya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X