Unsoed Kukuhkan Empat Guru Besar Baru, Apa Saja Bidang Ilmunya?

- Selasa, 29 Maret 2022 | 17:25 WIB
PENGUKUHAN GURU BESAR: Ketua Senat Unsoed, Agus Suroso mengalungkan medali pada Agatha Sih Piranti saat Sidang Terbuka Senat Unsoed di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, Purwokerto, Selasa, 29 Maret 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum  )
PENGUKUHAN GURU BESAR: Ketua Senat Unsoed, Agus Suroso mengalungkan medali pada Agatha Sih Piranti saat Sidang Terbuka Senat Unsoed di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, Purwokerto, Selasa, 29 Maret 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum )

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com  - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menambah empat guru besar baru dalam sejumlah bidang ilmu pada Sidang Terbuka Senat Unsoed di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, Purwokerto, Selasa, 29 Maret 2022.

Guru besar yang dikukuhkan yaitu Prof Dr Ir Dattadewi Purwantini MS (Bidang Ilmu Pemuliaan Ternak) sebagai profesor ke 21 Fakultas Peternakan, Prof Dr Agatha Sih Piranti MSc (Bidang Ilmu Limnologi) dan Prof Dr Agus Hery Susanto MS (Bidang Ilmu Genetika) sebagai profesor ke-17 dan ke-18 di Fakultas Biologi.

Adapun Prof Dr Warsinah Apt MSi (Bidang Ilmu Biokimia) merupakan profesor ketiga di Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan.

Dalam pidatonya, Rektor Unsoed, Prof Dr Ir Suwarto MS mengatakan, perguruan tinggi mendapatkan mandat negara sebagai institusi yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan, membentuk watak, dan peradaban bangsa yang bermartabat.

Baca Juga: Ini Profil Prof Akhmad Sodiq Rektor Unsoed Baru, Sebelumnya Jadi Rektor UNU Purwokerto Pertama

Pendidikan tinggi, kata dia, diharapkan menjadi sarana untuk mengembangkan pribadi-pribadi yang berkapasitas melalui penyelenggaraan tridharma dengan senantiasa memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan serta kearifan budaya yang ada.

"Dalam konteks tersebut, maka wajar adanya bila masyarakat, bangsa dan negara ini punya harapan besar kepada dunia perguruan tinggi. Kampus menjadi tempat persemaian ide dan gagasan, menjadi lahan subur untuk tumbuh serta berkembangnya kreativitas dan inovasi. Kesemuanya dilandasi oleh prinsip-prinsip akuntabilitas saintifik, berdaya guna dan berhasil guna, serta berperspektif kebangsaan yang dijiwai oleh ideologi Pancasila," katanya.

Dia menjelaskan, dengan bertambahnya empat guru besar yang dikukuhkan, maka secara keseluruhan guru besar atau profesor di Universitas Jenderal Soedirman sampai saat ini berjumlah 83 orang.

Menurut dia, pengukuhan Prof Dattadewi Purwantini selaku guru besar dalam Ilmu Pemuliaan Ternak tentunya akan memberi dampak strategis dalam menjaga dan meningkatkan kualitas ternak.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB
X