Selamat! Prof Ahmad Sodiq Terpilih Jadi Rektor Unsoed 2022-2026

- Kamis, 24 Maret 2022 | 14:59 WIB
REKTOR TERPILIH: Rektor terpilih Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, Akhmad Sodiq menjawab pertanyaan usai pemungutan suara, di Unsoed Purwokerto, Kamis, 24 Maret 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum  )
REKTOR TERPILIH: Rektor terpilih Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, Akhmad Sodiq menjawab pertanyaan usai pemungutan suara, di Unsoed Purwokerto, Kamis, 24 Maret 2022. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum )

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Prof Dr Ir Akhmad Sodiq MSc akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, periode 2022-2026.

Wakil Rektor Bidang Akademik periode 2018-2022 ini mengalahkan dua calon lainnya yakni Dr Ir V Prihananto MSi dan Prof Ir Totok Agung Dwi Haryanto MP Phd dalam pemungutan suara di Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, Kamis, 24 Maret 2022.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsoed, Isdy Sulistyo mengatakan, pemilihan rektor ditempuh dengan pemungutan suara yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Nomor urut terbanyak, Prof Dr Ir Akhmad Sodiq dengan peroleh suara 76. Kemudian Dr Ir V Prihananto dengan perolehan 38 suara dan Prof Totok Agung Dwi Haryanto memperoleh 8 suara. Dengan demikian yang terpilih adalah Prof Sodiq," katanya kepada wartawan usai pemilihan.

Baca Juga: Ini Tiga Nama Calon Rektor Unsoed yang Diajukan ke Mendikbudristek

Rektor terpilih, Akhmad Sodiq mengaku akan melanjutkan program yang menjadi kebijakan rektor yang sudah dicanangkan sebelumnya, Prof Dr Suwarto MS.

"Isu pertama, terkait transformasi pendidikan tinggi yang menjadi tantangan ke depan. Ada tiga hal, pertama terkait kontribusi pendidikan tinggi dengan menyediakan sumber daya yang unggul untuk menjawab tantangan ke depan. Kedua, berkaitan dengan pengembangan ilmu teknologi dan aplikasinya untuk pembangunan masyarakat. Ketiga, berkaitan dengan keduanya, mudah-mudahan bisa menjamin kesejahteraan nasional," ujarnya.

Selain itu, Sodiq juga berupaya untuk mengimplementasikan hal tersebut dalam penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Indikator kinerja utamanya yaitu, lulusan dapat terserap oleh industri, melanjutkan studi dan berwirausaha secara mandiri.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X