Naik Level 2, Peribadatan di Banyumas Dibatasi Maksimal 75 Persen

- Senin, 14 Februari 2022 | 08:23 WIB
Kisah Islami : Tsa'labah, saat miskin sangat taat beribadah, namun setelah kaya ingkar (SM Banyumas/Dok)
Kisah Islami : Tsa'labah, saat miskin sangat taat beribadah, namun setelah kaya ingkar (SM Banyumas/Dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Menyusul PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kabupaten Banyumas kembali naik ke level 2, kegiatan peribadatan atau keagamaan di tempat ibadah dibatasi maksimal 75 persen dari kapasitas.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Akhsin Aedi, kemarin, mengatakan, terkait pelaksanaan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah pada masa PPKM, pihaknya menggunakan acuan Surat Edaran Menteri Agama No 4 Tahun 2022.

Selain itu juga mengacu Instruksi Bupati Banyumas Nomor 360/721/Tahun 2022 Tentang PPKM Level 2 Covid-19 di Kabupaten Banyumas.

Baca Juga: Ganjar Yakin Rembugan Belum Memuaskan Warga Wadas, Rencanakan Ke Wadas Lagi Untuk Menginap

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama maupun Instruksi Bupati Banyumas, tempat ibadah dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan secara berjamaah selama masa PPKM Level 2 dengan kapasitas maksimal 75 persen.

Kemudian dalam pelaksanaannya, lanjut dia, protokol kesehatan (prokes) juga diterapkan secara lebih ketat dengan memerhatikan ketentuan teknis yang dikeluarkan Kementerian Agama.

Sementara berdasarkan Instruksi Mendagri No 09 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, penetapan level wilayah berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Baca Juga: Ramai Ada Yang Mengharamkan Wayang, Mahfud MD Ngaku Suka Wayang, Beragama yang Enak Saja Tapi Jangan Seenaknya

Selain itu, ditambahkan pula dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 2 dan vaksinasi dosis 2 lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun dari target vaksinasi.***

 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyalakan Asa Anak-Anak Perempuan Keluarga Duafa

Rabu, 30 November 2022 | 17:26 WIB
X