Soal Menendang Sesajen, Quraish Shihab: Memaki Saja Tidak Boleh, Apalagi Menendang

- Senin, 17 Januari 2022 | 22:52 WIB
Ulama ahli tafsir Habib Quraisy Shihab bersama Najwa Shihab saat membicarakan soal pria menendang sesajen di lokasi Erupsi Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur. (SM Banyumas/dok YouTube Najwa Shihab)
Ulama ahli tafsir Habib Quraisy Shihab bersama Najwa Shihab saat membicarakan soal pria menendang sesajen di lokasi Erupsi Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur. (SM Banyumas/dok YouTube Najwa Shihab)

Suaramerdeka-banyumas.com-Ulama ahli tafsir Quraish Shihab memberikan pandangannya terhadap viralnya aksi seorang pria menendang sesajen di lokasi Erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. 

Ulama penulis Kitab Tafsir Al Mishbah ini menjelaskan segala kegiatan manusia hendaknya diarahkan kepada Tuhan dan bermohon kepada Tuhan. 

"Kalau anda bermohon kepada manusia, sebelum bermohon kepada manusia, bermohon dulu kepada Tuhan. Agar Tuhan memberikan kepada manusia ini kemampuan untuk memenuhi permintaannya," jelasnya mengawali. 

Baca Juga: Ghozali Everyday: Saya Kaget, Kok Ada yang Beli Foto Saya Gitu, Kenapa Laku Semua, Ini Penjelasanya...

Apa yang dipersembahkan kepada sesuatu kata Abi Quraish, itu bisa bermacam-macam motifnya. Bisa jadi mempersembahkan sesuatu , katakanlah ke laut, supaya ikan bisa makan. 

"Saya bisa berikan ke hutan supaya kera bisa makan, itu sesuatu yang baik-baik saja. Saya tidak kaitkan dengan bahwa kera bisa memenuhi keinginan saya.

Ada lagi kita menyerahkan sesuatu yang kita namai sesaji atau sesajen dengan keyakinan bahwa inilah yang membantu saya mencapai itu. Potong kepala kerbau supaya tidak diganggu jin dalam pembantunan itu tidak (boleh)," katanya. 

Baca Juga: Hilang Kendali, Mobil Tabrak Guard Rail hingga Tembus Belakang, Bagaimana Nasib Pengemudinya?

Selanjutnya, tetapi klau Anda menyembelih kerbau, menyembelih sapi untukAnda sedekahkan dan makan bersama tidak ada masalah.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: YouTube Najwa Shihab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 SD di Banyumas Belum Terapkan Kurikulum Merdeka

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:17 WIB

FTIK UIN Saizu Gelar Rakor dengan Kepala Lembaga

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:32 WIB

Hebat, Mahasiswa UIN Saizu Jadi Duta GenRe Purbalingga

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:49 WIB

UIN Saizu Kirim Relawan Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:57 WIB
X