Ini Profil Pak Kasur, Seniman Pendidik Kelahiran Purbalingga Pencipta 200 Lagu Anak-anak Legendaris

- Minggu, 16 Januari 2022 | 06:04 WIB
Pak Kasur atau Soerjono pencipta ratusan lagu anak-anak legendaris(SM Banyumas/Dok berbagai sumber)
Pak Kasur atau Soerjono pencipta ratusan lagu anak-anak legendaris(SM Banyumas/Dok berbagai sumber)

Suaramerdeka-banyumas.com-Lagu Bangun Tidur, Dua Mata Saya, Kebunku, Naik Delman dan lainnya pasti tak asing di telinga anak-anak dulu hingga sekarang. Bahkan telah menjadi lagu warisan orang tua kepada anak cucunya. Namun seringkali kita lupa dengan siapa penciptanya, Dialah Pak Kasur

Berikut profil singkatnya Pak Kasur yang lahir di Purbalingga, 26 Juli 1912 dengan nama Soerjono. Ia meninggal dunia di usia 79 tahun tepatnya 26 Juni 1992 dan dimakamkan di Kaliori, Banyumas, Jawa Tengah. 

Bersama sang isteri Ibu Kasur (Sandiah), Pak Kasur terkenal menjadi pemandu acara Taman Indira di TVRI Stasiun Pusat Jakarta.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Pencipta Lagu Ibu Kasur, Ini Profil Seniman Pendidik yang Dimakamkan di Banyumas

Kasur sendiri merupakan singkatan dari julukan "Kak Soer" yang biasa digunakan oleh anak buahnya di Gerakan Kepanduan atau Pramuka. Nama ini lama-lama berubah menjadi "Kasur" dan "Pak Kasur". 

Ia mulai menjadi guru di HIS Ardjoena School, Bantul Yogyakarta dan melanjutkan pendidikan di HIK Bandung. Setelah Indonesia merdeka ia mengasuh acara anak-anak di RRI., dan menciptakan beberapa lagu seperti Naik DelmanBangunSepedakuKebunku, dan lain-lain. Di masa hidupnya ia juga pernah menjadi Sekretaris Badan Sensor Film. 

Kecintaannya kepada anak-anak antara lain bermula saat ia melihat anak-anak bermain di halaman rumah. Akhirnya membuat Pak Kasur mempunyai ide untuk membangun sekolah.

Baca Juga: Tertibkan Knalpot Brong, Sepekan Polresta Banyumas Musnahkan 181 Knalpot

Di Jalan Haji Agus Salim No. 60, Pak Kasur membangun Taman Pemuda, Taman Putra, dan Taman Indria yang masing-masing secara berurutan menerima anak SMA, SD dan SMP, serta balita.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lebih dari 1000 Anak TK Ikuti Manasik Haji

Jumat, 30 September 2022 | 05:33 WIB

Gedung Serbaguna MAN Purbalingga Diharapkan Jadi Ikon

Sabtu, 10 September 2022 | 12:18 WIB

Generasi Muda Didorong Jadi Agen Gerakan Pluralisme

Senin, 5 September 2022 | 08:56 WIB

Moeldoko Resmikan Politeknik GUSDURian

Jumat, 2 September 2022 | 18:59 WIB
X