Google Doodle Hari Ini Pencipta Lagu Ibu Kasur, Ini Profil Seniman Pendidik yang Dimakamkan di Banyumas

- Minggu, 16 Januari 2022 | 05:32 WIB
Sosok Ibu Kasur, seniman sekaligus pendidik bangsa yang menjadi ikon Google Doodle hari ini 16 Januari 2022 bertepatan dengan hari kelahirannya.(SM Banyumas/Dok google)
Sosok Ibu Kasur, seniman sekaligus pendidik bangsa yang menjadi ikon Google Doodle hari ini 16 Januari 2022 bertepatan dengan hari kelahirannya.(SM Banyumas/Dok google)

Suaramerdeka-banyumas.com-Hari ini 16 Januari 2022, google doodle menampilkan gambar sketsa pencipta lagu legendaris Ibu Kasur atau yang mempunyai asli Sandiah. 

Ibu Kasur selalu lekat di kalangan anak-anak di jaman pasca kemerdekaan khususnya ketika media penyiaran publik baik itu RRI maupun TVRI.  

Kala itu TVRI sebagai satu-satunya televisi di Indonesia masih menjadi barang mewah di desa-desa dan menampilkan lagu-lagu anak-anak populer ciptaannya. 

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, Ibu Kasur atau sebenarnya mempunyai nama asli Sandiah. 

Baca Juga: Tertibkan Knalpot Brong, Sepekan Polresta Banyumas Musnahkan 181 Knalpot

Ia seorang seniman sekaligus tokoh pendidikan Indonesia. Selain mencipta lagu dan tampil di berbagai panggung acara televisi dan siaran radio, ia juga mengelola lima Taman Kanak-kanak “Mini” Pak Kasur.

Beliau lahir di Batavia, Hindia Belanda, pada 16 Januari 1926. Bu Kasur adalah tamatan Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO).

Ia mendapat julukan Ibu Kasur karena suaminya, Soerjono, dipanggil Pak Kasur. Ia dan suaminya bertemu karena sama-sama anggota Kepanduan Indonesia.

Baca Juga: Ini Cara Cek Tiket dan Mendaftar Vaksin Booster di PeduliLindungi

Mereka menikah di Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1946 dan dikaruniai lima anak: Sursantio, Suryaningdiah, Suryo Prabowo, Suryo Prasojo, dan Suryo Pranoto.

Bersama Pak Kasur pula, ia menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI dan juga pendiri TK Mini di Jakarta yang berlokasi di kawasan Cikini (sekaligus rumah tinggal Bu Kasur), Cipinang Indah, Pasarminggu, Kemang Pratama di Jakarta, dan Banjar Tangerang. Ketika televisi swasta muncul pada awal 1990-an, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

Baca Juga: Ayo Simak, Ketentuan Pelaksanaan Vaksinasi Booster yang Dimulai Januari 2022 Ini

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lebih dari 1000 Anak TK Ikuti Manasik Haji

Jumat, 30 September 2022 | 05:33 WIB

Gedung Serbaguna MAN Purbalingga Diharapkan Jadi Ikon

Sabtu, 10 September 2022 | 12:18 WIB

Generasi Muda Didorong Jadi Agen Gerakan Pluralisme

Senin, 5 September 2022 | 08:56 WIB

Moeldoko Resmikan Politeknik GUSDURian

Jumat, 2 September 2022 | 18:59 WIB
X