Peringati Hari Disabilitas, Siswa Disabilitas Bagikan Bunga

- Jumat, 3 Desember 2021 | 11:54 WIB
Siswa SLB C Yakut Purwokerto saat tampil dalam peringatan hari disabilitas, di Purwokerto, Kamis 2 Desember 2021 (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)
Siswa SLB C Yakut Purwokerto saat tampil dalam peringatan hari disabilitas, di Purwokerto, Kamis 2 Desember 2021 (SM Banyumas/Dian Aprilianingrum)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com-Siswa penyandang disabilitas yang mengenyam pendidikan di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto memiliki cara tersendiri dalam memeringati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember ini.

Di antaranya, kemarin, mereka melakukan aksi simpatik dengan membagi-bagikan bunga ke sejumlah pengguna jalan yang melintas di Jalan Pahlawan Purwokerto.
 
Aksi ini sempat mengundang perhatian para pengguna jalan yang melintas.
 
Baca Juga: Waduh! Tebing Setinggi 50 Meter Longsor, Tutup Jalan Kabupaten di Cimanggu

Selain untuk memeringati Hari Disabilitas Internasional, aksi ini sekaligus untuk menunjukkan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus juga bisa berbagi dan wujud kasih sayang terhadap sesama.

Sebelum membagikan bunga, mereka terlebih dulu mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah.  

Di antaranya senam bersama dan pentas seni berupa menari baca puisi hingga fashion show.
 
Baca Juga: Ditinggal Pemilik ke Rumah Sakit, Dua Rumah di Purbalingga Ludes Dilalap Api

Siswa penyandang disabilitas ini sangat bergembira saat tampil menunjukkan kemampuannya masing-masing di hadapan guru, orang tua dan tamu undangan yang hadir.

Saat fashion show misalnya, bak seorang model anak-anak ini tampil bersemangat di panggung sederhana yang sudah disiapkan di halaman sekolah.

Ada yang unik dengan busana yang mereka kenakan dalam acara fashion show tersebut.  Mereka mengenakan busana yang terbuat dari plastik daur ulang.
 
Baca Juga: Queen Si Germa Sempurna, Sanji Keluarkan Jurus Iblis di One Piece Chapter 1034

''Konsep fashion show kali ini adalah daur ulang, yakni kita menggunakan plastik dan tutup botol yang didaur ulang menjadi sebuah pakaian,'' kata Yana, salah satu orang tua siswa.

Ide ini berasal dari orang tua siswa dan guru.
 
 ''Idenya bareng-bareng. Ini mudah dibuat dan dikreasikan, sehingga anak-anak kalau diajari sedikit-sedikit juga bisa,'' ungkap dia.
 
Baca Juga: Jadwal BWF World Tour Finals 2021 Hari Ini

Sementara Kepala sekolah, Rubimanto mengatakan, dengan adanya peringatan Hari Disabilitas Interasional, anak-anak berkebutuhan khusus bisa berbangga hati dan semangat dalam belajar.

''Mudah-mudahan dengan adanya peringatan Hari Disabilitas Internasional, anak-anak berkebutuhan khusus menjadi lebih baik.  Semangat dalam belajar dan berkarya,'' ungkapnya.

Pengawas sekolah, Irma Listyanawati menambahkan, pendidikan itu untuk seluruh anak, tak terkecuali bagi anak-anak berkebutuhan khusus.
 
 ''Semua anak harus bisa belajar,'' terangnya.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMA 1 Rembang Lukis Mural 102 Meter

Rabu, 12 Januari 2022 | 08:14 WIB

Empat Tahun, Unsoed Purwokerto Bangun 18 Gedung Baru

Jumat, 31 Desember 2021 | 07:07 WIB

Nyala Lentera Ilmu dari Lereng Gunung Slamet

Minggu, 26 Desember 2021 | 17:52 WIB

Satuan Pendidikan Diimbau Tak Bepergian ke Luar Kota

Jumat, 17 Desember 2021 | 14:39 WIB
X