Google Doodle 25 Nopember 2021 Turut Ambil Tema Hari Guru Nasional

- Kamis, 25 November 2021 | 06:44 WIB
GOOGLE doodle hari ini 25 Nopember 2021 turut mengambil tema Peringatan Hari Guru Nasional 2021. (SM Banyumas/Google)
GOOGLE doodle hari ini 25 Nopember 2021 turut mengambil tema Peringatan Hari Guru Nasional 2021. (SM Banyumas/Google)

Suaramerdeka-banyumas.com-Hari Guru Nasional 25 Nopember 2021 ini turut menjadi tema google doodle dengan gambar animasi sekumpulan lebah yang berperan sebagai guru dan siswa yang saling belajar mengajar. 

Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional

Sebagaimana diketahui Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Upacara Terbatas dan Prokes Diperbolehkan di Zona PPKM Level 1 dan 2

Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. 

Di masa pandemi Covid-19 kali ini, Kemdikbud telah menetapkan tema peringatan Hari Guru Nasional 2021 yaitu “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Menilik ke belakang, sejarah hari guru nasional berkaitan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Perjuangan PGRI dalam mengupayakan pendidikan untuk masyarakat dimulai sejak lama, yakni sejak zaman kolonial Belanda.

Baca Juga: Tim Sibat Lawen Edukasi Vaksinasi dan Prokes

Melansir dari laman Kemdikbud, dalam pidato tertulisnya Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa dengan segala keterbatasan yang ada, dengan situasi pandemi yang belum berakhir, tidak ada kata ‘putus asa’ dari para segenap guru di penjuru tanah air, meski terpukul secara ekonomi, terpukul secara kesehatan dan terpukul secara batin.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

811 SD di Banyumas Telah Menerapkan PTM

Rabu, 24 November 2021 | 21:44 WIB

ANBK SD/MI Dibagi Empat Gelombang, Ini Jadwal Asesmennya

Selasa, 16 November 2021 | 20:48 WIB
X