Ada Peran Lenggaong, Bandit hingga Kutil dalam Revolusi Sosial Tiga Daerah Usai Proklamasi Kemerdekaan RI

- Senin, 8 November 2021 | 12:51 WIB
Para Tokoh revolusioner tiga daerah yang dipenjara di  Penjara Wirogunan Yogyakarta, Desember 1946.(SM Banyumas/buku Anton E Lucas)
Para Tokoh revolusioner tiga daerah yang dipenjara di Penjara Wirogunan Yogyakarta, Desember 1946.(SM Banyumas/buku Anton E Lucas)

 

Suaramerdeka-banyumas.com-Selain peristiwa Hari Pahlawan 10 Nopember 1945, usai kemerdekaan RI, juga peristiwa tiga daerah di wilayah pantura Jawa Tengah yaitu Pemalang, Tegal dan Pekalongan yang libatkan para lenggaong, bandit hingga kutil. 

Saat itu, tatanan sosial pemerintahan di tingkat lokal banyak terdongkel oleh masyarakat yang tak puas dengan kondisi sosial ekonomi dan politik hingga kemudian menimbulkan revolusi sosial yang turut digerakan oleh lenggaong, bandit hingga kutil September hingga Desember 1945.

Mengutip pernyataan Ben Anderson, Anton E Lucas dalam bukunya Peristiwa Tiga Daerah menyatakan meletusnya gerakan rakyat atau revolusi sosial di Karesidenan Pekalongan awal Oktober 1945. 

Baca Juga: Soedirman, Ini Sosok Pahlawan Asal Purbalingga yang Namanya Diabadikan Berbagai Penjuru Tanah Air

Gerakan rakyat ini bertujuan untuk menghapus tatanan lama dan mendongkel pejabat lama era Jepang yang dianggap korup mulai dari kepala desa, lurah, pamong desa, camat, wedana hingga pemerintahan kabupaten. 

Para pejabat pemerintahan yang didongkel rakyat ini tak lepas dari sepak terjang mereka yang dianggap tak pro rakyat.

Penumbangan para pejabat desa, kawedanan ini tak lepas dari peran golongan setengah bandit atau yang sering disebut lenggaong

Baca Juga: Hasil Hylo Open 2021 : Minions Kembali Raih Juara

Gerakan perlawanan rakyat ini terjadi karena meski dijajah Jepang seumur jagung, 3,5 tahun, namun penderitaan rakyat mulai dari kelaparan, kekurangan sandang dan sebagainya cukup berat. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMA 1 Rembang Lukis Mural 102 Meter

Rabu, 12 Januari 2022 | 08:14 WIB

Empat Tahun, Unsoed Purwokerto Bangun 18 Gedung Baru

Jumat, 31 Desember 2021 | 07:07 WIB

Nyala Lentera Ilmu dari Lereng Gunung Slamet

Minggu, 26 Desember 2021 | 17:52 WIB
X