Dari Percakapan Buku, Keakraban Seorang Perwira TNI dan Prof Rubi Bersemi

- Rabu, 15 September 2021 | 14:53 WIB
DISEMAYAMKAN: Jenazah mantan rektor Unsoed, Rubijanto Misman, dibawa untuk dimakamkan, usai disemayamkan di Auditorium Graha Widyatama, Unsoed, Purwokerto, Rabu, 15 September 2021. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
DISEMAYAMKAN: Jenazah mantan rektor Unsoed, Rubijanto Misman, dibawa untuk dimakamkan, usai disemayamkan di Auditorium Graha Widyatama, Unsoed, Purwokerto, Rabu, 15 September 2021. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

MINAT  intelektual, seni, dan budaya menjadi penghubung mendiang mantan Rektor Unsoed Purwokerto, Prof Rubijanto Misman dengan banyak aktivis tak terkecuali dengan seorang perwira TNI pecinta buku, musik dan film. 

Inilah catatan Ndan Amir Ma'ruf seorang lulusan keguruan yang kini totalitas menjadi prajurit yang pernah berinteraksi dengan Prof Rubi:

Malam itu aku (masih menjabat Pasiwanwil Korem 071/Wijayakusuma )mewakili Danrem 071/Wijayakusuma dalam acara puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis Unsoed di Gedung Graha Widyatama Purwokerto yang luas dan mewah.

Aku duduk di kursi yang mengelilingi meja bulat. Duduk di sebelehku, seorang pria paruh baya, berbaju batik lengan panjang. Ia dengan ramah menyapaku lebih dulu. Aku segera sambut jabat tangannya sambil memperkenalkan diri.

Di atas panggung, grup band penghibur mulai memainkan lagu pertamanya. Dengan sound system bagus dan ruangan gedung berperedam suara, grup band itu tampil begitu memikat. Aku menikmati lagu yang dibawakan oleh grup band itu karena sangat familiar dengan lagu itu.

Tiba-tiba, pria paruh baya di sebelahku, yang aku yakin pasti tokoh berpengaruh, setengah berteriak untuk mengalahkan suara penyanyi bertanya kepadaku,

"Saya ingat dan senang lagu ini, Bapak tahu apa judulnya?"

"Dirimu Satu, Berliana Hutauruk Pak."

Setelah itu kami menjadi semakin akrab setelah pria paruh baya itu tahu aku mempunyai hobi yang sama, nonton film, musik dan buku. Pria paruh baya itu hampir hapal semua lagu top Rolling Stones, The Beatles bahkan grup metal seperti Metalicca dan Gun N' Roses.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sasar Pelajar di Jateng, BIN Target 400 Ribu Vaksin

Kamis, 16 September 2021 | 14:25 WIB

Obituari Untuk Prof Rubi: Bapak Semua Orang

Selasa, 14 September 2021 | 19:51 WIB

Resmi Dilaunching, Unimugo Diharap Jadi Kampus Unggul

Selasa, 14 September 2021 | 16:19 WIB
X