Obituari Untuk Prof Rubi: Bapak Semua Orang

- Selasa, 14 September 2021 | 19:51 WIB

Oleh : Suroto *

" Saya tidak sanggup lagi untuk meneruskan kuliah Prof!", begitu kata singkat itu terlontar lirih dari mulut ini tertuju pada pria dengan perawakan tegap dan terlihat sangat berwibawa dan sedang duduk di kursi kerjanya di depan saya waktu itu.

Pria itu adalah Prof. Drs. Rubijanto Misman, Rektor Universitas Jenderal Soedirman ( Unsoed) Purwokerto kala itu, tahun 2004.

Pria itu kemudian hanya menatap tajam saya, dan ruang kerjanya menjadi sangat hening dan membuat tubuh lunglai ini semakin tak karuan. Pria itu sebetulnya saya harap bertanya soal alasan saya ingin keluar dan menghentikan kuliah. Tapi sungguh mengagetkan karena tiba tiba keluar kata kata yang sangat tegas dan terus saya ingat sampai hari ini.

" Mas Roto, rawe rawe rantas, malang malang putung! Maju terus pantang mundur!!!. Anda harus lanjutkan kuliah. Saya yang tanggungjawab sampai anda lulus. Masalah itu pasti ada!. Hanya perlu cara untuk menyelesaikanya!".

Saya benar benar terkaget. Tiba tiba dada saya yang tadinya sudah kosong melompong menjadi penuh. Saya tak lagi bertanya lagi. Mata saya langsung menitikkan air mata haru. Padahal tadinya kalau saya ditanya alasanya kenapa mau berhenti kuliah, mau saya ungkapkan segudang persoalan itu.

Selain karena kuliah saya yang sudah terancam drop out ( do) juga karena persoalan keluarga yang bebannya harus saya tanggung.

Saya keluar dari ruang rektor dengan sangat bersemangat. Tak ada lagi tersisa segala kata kata keluhan yang sudah saya rancang untuk saya sampaikan pada orang nomor satu di kampus almamater itu.

Tapi hari ini saya benar benar sangat lunglai. Sangat sedih sekali rasanya begitu mendengar kabar berita langsung dari putra beliau Mas Mommy Wahono Panataran bahwa baru saja jam 14.30 WIB hari ini, Selasa tanggal 14 September 202, Profesor Rubijanto Misman, orang tua, teman, guru besar kami ini meninggalkan kita semua. Hanya berselang sebentar setelah masuk rumah sakit Geriyatri, Purwokerto.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMA 1 Rembang Lukis Mural 102 Meter

Rabu, 12 Januari 2022 | 08:14 WIB

Empat Tahun, Unsoed Purwokerto Bangun 18 Gedung Baru

Jumat, 31 Desember 2021 | 07:07 WIB

Nyala Lentera Ilmu dari Lereng Gunung Slamet

Minggu, 26 Desember 2021 | 17:52 WIB

Satuan Pendidikan Diimbau Tak Bepergian ke Luar Kota

Jumat, 17 Desember 2021 | 14:39 WIB
X