Perkuat Profil Pelajar Pancasila, Siswa SMA Negeri 3 Purwokerto Pamer Kreativitas di Gelar Karya 2023

- Jumat, 19 Mei 2023 | 15:23 WIB
Siswa kelas X SMAN 3 Purwokerto menyiapkan tangkapan mujair untuk dimasak pada Gelar Karya 2023 "Kewirausahaan, Kearifan Lokal, dan Gaya Hidup Berkelanjutan", Senin, 15 Mei 2023.  (SMBanyumas/Adenissa Nurul Fatimah)
Siswa kelas X SMAN 3 Purwokerto menyiapkan tangkapan mujair untuk dimasak pada Gelar Karya 2023 "Kewirausahaan, Kearifan Lokal, dan Gaya Hidup Berkelanjutan", Senin, 15 Mei 2023. (SMBanyumas/Adenissa Nurul Fatimah)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com – Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Purwokerto menyelenggarakan Gelar Karya 2023 bertema "Kewirausahaan, Kearifan Lokal, dan Gaya Hidup Berkelanjutan".

Gelar Karya 2023 ini diselenggarakan selama dua hari, yakni dari Senin hingga Selasa, 15–16 Mei 2023.

Ajang tersebut digelar dalam rangka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka dengan menyuguhkan kreativitas siswa melalui kegiatan produksi hingga distribusi.

Dalam kegiatan produksi, siswa memfokuskan nilai kearifan lokal dan gaya hidup berkelanjutan dengan berbudi daya ikan mujair dan sayur-mayur. Proses ini berlangsung sejak 30 Januari lalu.

Baca Juga: Banyumas Bentuk Tim Mayuh Sekolah Maning, Ternyata Ini Tujuannya

Hal itu disampaikan Destanisa, salah satu siswa kelas X yang berpartisipasi dalam Gelar Karya di sekolahnya.

"Untuk P5 ini, sekolah menentukan kami untuk merealisasikan gaya hidup berkelanjutan dengan menanam sayur-mayur. Selain itu, juga ada budi daya ikan mujair sebagai sentuhan kearifan lokal. Sebagaimana kami memanfaatkan kondisi lingkungan sekolah kami yang dilewati perairan sawah untuk membudidayakan ikan di depan kelas-kelas," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, saat Gelar Karya, siswa berwirausaha dengan melakukan penjualan hasil budi daya yang diolah menjadi masakan, seperti pepes ikan mujair, sayur asam, serta nasi liwet sebagai pelengkap dalam satu paket menu.

Setiap kelas wajib menjual satu paket menu yang terdiri dari masakan ikan, sayur, nasi, dan pelengkap seperti sambal dan lalap.

Baca Juga: Tips Efektif Mengoptimalkan Fungsi Memori, Ingatan Manusia

"Kelas kami menjual pepes ikan mujair, sayur asam, dan nasi liwet dalam satu paket seharga Rp17 ribu. Kelas lain menjual ikan mujair bakar, nasi, sambal, lalap, dan es teh dalam satu paket seharga Rp15 ribu," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMAN 3 Purwokerto, Elya Tati Subarkah menegaskan, Gelar Karya merupakan wadah selebrasi siswa dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka 2023 untuk mereka memamerkan karya.

Elya mengungkapkan, SMA N 3 Purwokerto menerapkan Kurikulum Merdeka dalam rekomendasi tahap berkembang.

"Semua sekolah negeri sudah (menerapkan) Kurikulum Merdeka. SMAN 3 Purwokerto rekomendasinya tahap berkembang," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa MTs Pakis Cilongok Akan Terbitkan Novel

Jumat, 19 Mei 2023 | 19:45 WIB
X