Ini yang Dilakukan Kementerian PUPR Untuk Dukung Pengembangan Kawasan Mandalika

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 20:19 WIB
Foto yang diunggah akun twitter MotoGP memperlihatkan keindahan Sirkuti Mandalika Lombok. (SM Banyumas/dok twitter @MotoGP
Foto yang diunggah akun twitter MotoGP memperlihatkan keindahan Sirkuti Mandalika Lombok. (SM Banyumas/dok twitter @MotoGP

 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan pihaknya terus mendukung Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan membangun sejumlah infrastruktur.

Sejumlah pembangunan infrastruktur pendukung dan penataan di kawasan Mandalika ini antara lain, jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Jalan sepanjang 17,3 kilometer yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di akhir tahun lalu dapat memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

Baca Juga: Ratusan Tentara Kepung Kota Purbalingga, Ada Apa?

Kemudian juga dilakukan penataan Jalan Bypass BIL – Mandalika tersebut dengan mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan.

“Itu tidak hanya (membangun) jalannya tapi sekarang kita juga termasuk penghijauannya, karena kita ingin menunjukkan pada dunia bahwa kita membangun berdasarkan kaidah-kaidah lingkungan,” ujar Basuki di Podkabs (Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet), yang tayang perdana Jumat 18 Maret 2022 di kanal YouTube dan Spotify Sekretariat Kabinet (Setkab) sebagaimana dikutip Suara Merdeka Banyumas.

Selanjutnya, pemerintah melalui Kementerian PUPR juga melakukan pelebaran Jalan Kuta-Keruak dengan menambah lajur eksisting menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi luar badan jalan, dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

Baca Juga: 1.200 TNI AD Ikuti Latpurkota Terintegrasi Yonif 406 Candra Kusuma

“(Jalan) dari Kuta ke Keruak sepanjang 5,5 kilometer kita lebarkan karena kita pengin supaya yang ke sana juga enjoy,” kata Basuki.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Serahkan Piala kepada Pemenang Balap MotoGP

Minggu, 20 Maret 2022 | 17:59 WIB
X