Surveyor Pemetaan, Sebuah Solusi Satu Data Geospasial di Daerah

- Rabu, 23 November 2022 | 09:37 WIB
Risky Kurniawan (SMBanyumas/dok pribadi)
Risky Kurniawan (SMBanyumas/dok pribadi)

Oleh: Risky Kurniawan*

suaramerdeka-banyumas.com - Pemerintah daerah saat ini disibukkan dengan penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) sesuai amanah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019.

Di saat bersamaan, muncul pertanyaan, "Apakah data yang dihasilkan pemerintah daerah berkualitas baik?" dan "Apakah pembuat data di daerah sudah memiliki kompetensi sesuai dengan data yang diproduksi?".

Dalam Portal SDI, tanggal 15 November 2022 telah terpublikasi 126.021 set data dari instansi pemerintah pusat dan daerah. Namun jika diteliti kembali, data yang telah dipublikasi masih memiliki keterbatasan seperti bagian metadata (informasi mengenai data) masih belum terisi dengan lengkap.

Padahal metadata dibutuhkan untuk memastikan kualitas data serta informasi mengenai pembuat data sehingga data yang dipublikasikan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Kisah Islami: Umar Bin Khatab, Sang Amirul Mukminin yang Bajunya Penuh dengan Tambalan

Dalam Perpres SDI, pemerintah daerah diamanahkan untuk menyelenggarakan data statistik dan data geospasial sesuai prinsip-prinsip SDI. Prinsip SDI yaitu data yang diproduksi sesuai dengan standar data, metadata, kaidah interoperabilitas, serta menggunakan kode referensi dan/atau data induk.

Saat ini, Indonesia memiliki 38 provinsi (termasuk Papua Barat Daya) yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan SDI. Terdapat tantangan dalam pembinaan penyelenggaraan data geospasial daerah karena tidak ada instansi vertikal yang membidangi informasi geospasial.

Penyelenggaraan SDI tingkat daerah dilaksanakan oleh pembina data tingkat daerah, walidata tingkat daerah, walidata pendukung, dan produsen data tingkat daerah. Penyelenggara tersebut ditunjuk dan dibagi tanggung jawabnya untuk menangani data statistik dan data geospasial.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi 27 Juli: Serpih Ingatan Melawan Lupa

Jumat, 29 Juli 2022 | 13:11 WIB

Jalan Berliku 24 Tahun Reformasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:13 WIB

Komunikasi Keluarga Terhadap Pendidikan Anak

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:27 WIB

Masalah Bersama itu Bernama Lost Learning

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:22 WIB

Kafala dan Kekerasan Struktural Bagi Pekerja Migran

Sabtu, 18 Desember 2021 | 12:52 WIB

Tentang 'Botoh' di Seputaran Arena Pilkades Serentak

Selasa, 14 Desember 2021 | 15:50 WIB

Politik Diametral

Rabu, 3 November 2021 | 14:22 WIB
X