Kabar Letusan Gunung Semeru Dapat Sebabkan Tsunami hingga ke Jepang, BNPB Sebut Kemungkinannya Kecil

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:48 WIB
Prefektur Pulau Okinawa Jepang yang sempat disebut Badan Meteologi Jepang akan terdampak ketika terjadi tsunami dampak Erupsi Semeru Jawa Timur.(SM Banyumas/dok)
Prefektur Pulau Okinawa Jepang yang sempat disebut Badan Meteologi Jepang akan terdampak ketika terjadi tsunami dampak Erupsi Semeru Jawa Timur.(SM Banyumas/dok)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia angkat bicara terkait kabar yang menyebutkan letusan Gunung Semeru dapat membangkitkan tsunami hingga ke Negara Jepang, pascaluncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022 dini hari.

Dikutip dari laman bnpb.go.id, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan, potensi letusan atau  pyroclastic atau partial collapse Gunung Semeru tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami.

"Ada beberapa analisa yang menyebutkan kabar tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan antara lain, Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan / pyroclastic / partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," kata dia, Senin, 5 Desember 2022.

Baca Juga: Gunung Semeru Masih Keluarkan APG, Warga Diminta Tetap Waspada

Selain itu, terangnya, posisi Gunung Semeru berada di bagian Selatan Pulau Jawa.

Apabila terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi dapat menjangkau Negara Jepang.

Pasalnya, terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.

Berdasarkan analisa tersebut, BNPB memastikan kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke Negara Jepang tidak tepat.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Waspadai dan Jauhi Potensi Awan Panas dan Lahar di Sepanjang Besuk Kobokan

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Sumber: bnpb.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X