Semeru Erupsi Hari Ini, Pendakian Ditutup, Warga Dilarang Beraktivitas Radius Rawan

- Minggu, 4 Desember 2022 | 13:26 WIB
Tangkapan layar CCTV Semeru erupsi hari ini memperlihatkan aliran awan panas mengalir di sungai kawasan Lumajang (SM Banyumas/dok)
Tangkapan layar CCTV Semeru erupsi hari ini memperlihatkan aliran awan panas mengalir di sungai kawasan Lumajang (SM Banyumas/dok)
 
LUMAJANG, suaramerdeka-banyumas.com- Semeru erupsi pada Minggu 4 Desember 2022 pagi dan meluncurkan guguran awan panasnya sejauh 10.000 meter ke tenggara dan selatan membuat aktivitas pendakian kembali ditutup.
 
Sebagaimana informasi dan imbauan dari  KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Pos Pengamatan Gunungapi Semeru dan Relawan Semeru hingga kini Gunung Semeru masih pada tingkat Level III (Siaga) dan pendakian gunungnya masih ditutup ya Sobat Hijau, sampai kondisi normal kembali.

Ada tiga imbauan kepada masyarakat pasca erupsi Semeru Minggu pagi tadi. 
 

1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).
 
Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

2. Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).
 

3. Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X