Ridwan Kamil Minta Masyarakat Waspada Hoaks Foto Video Gempa Cianjur Dilabeli Gempa Garut

- Minggu, 4 Desember 2022 | 07:53 WIB
Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, mengingatkan untuk tidak sebar berita hoax terkait gempa Garut (Instagram @ridwankamil)
Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, mengingatkan untuk tidak sebar berita hoax terkait gempa Garut (Instagram @ridwankamil)

 

GARUT, suaramerdeka-banyumas.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat semakin waspada terhadap berita palsu atau hoaks berupa foto atau video bernarasi Gempa Garut namun ternyata menggunakan foto video Gempa Cianjur. 

Hal itu disampaikan Kang Emil di akun instagramnya sambil mengunggah video laporan dari personel Bhabinkamtibmas yang menyatakan tidak ada korban akibat gempa Garut terutama di dekat Pantai Sayang Heulang Garut Selatan. 

Yang terjadi hari ini, pada skala 6,4 Magnitudo di kedalaman 118 km (Cianjur kedalaman gempa dangkal 10 km), sementara laporan pandangan mata di lokasi dekat gempa di Pantai Sayang Heulang Garut Selatan, kondisi dilaporkan Polisi Babinkamtibmas, masih aman terkendali, tidak ada laporan kerusakan. Semoga di tempat lain juga dilaporkan serupa. Aamiin.

Baca Juga: Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

*Hati-hati dengan berita Hoax yang menggunakan foto/video gempa cianjur kemudian dilabeli “Gempa Garut”. Kita harus bijak dalam menyikapi ini. Nuhuun

Sebelumnya diberitakan, gempa dengan magnitudo 6,4 terjadi di 52 km barat daya Kabupaten Garut Jawa Barat,  di kedalaman 118 km, Sabtu 3 Desember 2022 pukul 16.49. Guncangan gempa terasa hingga wilayah Kabupaten Cilacap.

Salah satu warga Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Cilacap Edi S mengatakan, goncangan gempa pada Sabtu sore membuat ia segera keluar rumah.

Baca Juga: Viral, Video Nelayan Panen Ikan Laut Naik Daratan di Kebumen

"Terasa sekali goncangannya, jadi terus pada keluar rumah, ini tetangga juga pada keluar di halaman rumah," ucapnya.

Menurutnya, pada beberapa waktu belakangan cukup sering terasa gempa, namun pada gempa kali ini goncangannya paling terasa.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X