Di Lokasi Gempa Cianjur, Jokowi Minta Kemen PUPR Bangun Rumah Tahan Gempa

- Selasa, 22 November 2022 | 15:49 WIB
KETERANGAN PERS: Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau lokasi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022. (SMBanyumas/istimewa/ tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
KETERANGAN PERS: Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau lokasi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022. (SMBanyumas/istimewa/ tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

CIANJUR, suaramerdeka-banyumas.com - Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Kemen PUPR) membangun kembali rumah warga yang terkena dampak gempa Cianjur.

Dia meminta Menteri PUPR, membangun rumah yang sesuai standar bangunan tahan gempa.

"Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi diwajibkan untuk memakai standar bangunan anti gempa oleh Menteri PUPR," katanya pada keterangan pers saat meninjau lokasi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022.

Jokowi mengatakan, seperti keterangan yang disampaikan oleh BMKG, gempa yang terjadi di Cianjur merupakan gempa 20 tahunan.

Baca Juga: Percepat Tangani Dampak Gempa Cianjur, BNPB Siapkan Dana Siap Pakai 1,5 M dan Bantuan Logistik 500 Juta

Oleh karena itu, sebaiknya rumah - rumah warga yang akan diperbaiki harus tahan gempa.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan penanganan rumah warga sesuai dengan tingkat kerusakan.

"Yang (rumah) rusak berat akan diberikan bantuan Rp 50 juta, yang (rusak) sedang diberikan bantuan Rp 25 juta dan yang (rusak) ringan diberikan bantuan 10 juta," kata dia.

Presiden telah memerintahkan pihak-pihak terkait yaitu Menko PMK, BNPB, Basarnas, TNI Polri, Kemen PUPR untuk bersama-sama menggerakkan jajarannya untuk membantu penanganan musibah gempa bumi.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Status Vulkanik Gunung Semeru Meningkat Menjadi Awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:08 WIB

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Minggu, 4 Desember 2022 | 05:49 WIB

Piala Dunia 2022, Kamerun vs Serbia 3-3

Selasa, 29 November 2022 | 08:55 WIB
X