Gempa Cianjur: Kemen PUPR Terjunkan Enam Unit Alat Berat Buka Akses Mobilisasi Bantuan

- Selasa, 22 November 2022 | 15:23 WIB
BERSIHKAN MATERIAL : Ekskavator diterjunkan untuk membersihkan material longsor yang menutup ruas jalan Cipanas - Cianjur guna memudahkan mobilisasi bantuan ke korban gempa. (SMBanyumas/istimewa/IG Kemen PUPR)
BERSIHKAN MATERIAL : Ekskavator diterjunkan untuk membersihkan material longsor yang menutup ruas jalan Cipanas - Cianjur guna memudahkan mobilisasi bantuan ke korban gempa. (SMBanyumas/istimewa/IG Kemen PUPR)

CIANJUR, suaramerdeka-banyumas.com - Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Kemen PUPR) menerjunkan enam unit ekskavator dan enam dump truck untuk membersihkan material longsoran di ruas jalan Cianjur-Cipanas akibat gempa.

Proses pembersihan material langsung dipimpin oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Senin, 21 November 2022 malam.

Basuki menjelaskan, alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsoran seperti pohon yang tumbang dan tanah yang menutup jalur Cipanas - Cianjur.

Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa 22 November 2022, 6 unit ekskavator dan 6 unit dump truck bekerja dari dua sisi, baik di sisi Cianjur dan sisi Cipanas.

Baca Juga: Percepat Tangani Dampak Gempa Cianjur, BNPB Siapkan Dana Siap Pakai 1,5 M dan Bantuan Logistik 500 Juta

"Insya Allah nanti siang sudah bisa kita bersihkan longsoran pada badan jalan, sehingga ruas jalan Cianjur - Cipanas bisa terbuka kembali," kata Basuki seperti yang dikutip dari IG Kemen PUPR.

Dia mengatakan, upaya pembersihan material ini diharapkan dapat memperlancar mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan, makanan atau minuman dan sandang baju, selimut, sarung dan sebagainya.

Selain itu, 6 hidran umum, 4 mobil tangki air dan 6 toilet portable juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendapa Bupati dan RSUD Cianjur.

Baca Juga: Libur Nataru PT KAI Jalankan 56 KA Tambahan Dengan 513.348 Tempat Duduk

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Status Vulkanik Gunung Semeru Meningkat Menjadi Awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:08 WIB

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Minggu, 4 Desember 2022 | 05:49 WIB

Piala Dunia 2022, Kamerun vs Serbia 3-3

Selasa, 29 November 2022 | 08:55 WIB
X