Daftar Lima Tokoh yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ada dr Soeharto dan KGPAA Paku Alam VIII

- Senin, 7 November 2022 | 12:47 WIB
  Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersilaturrahmi dengan ahli waris penerima gelar Pahlawan Nasional tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 7 November 2022.  (SMBanyumas/istimewa/ tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersilaturrahmi dengan ahli waris penerima gelar Pahlawan Nasional tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 7 November 2022. (SMBanyumas/istimewa/ tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Presiden RI Joko Widodo secara resmi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh bangsa di Istana Negara, Jakarta, Senin, 7 November 2022 yang disiarkan secara virtual.

Penganugerahan gelar pahlawan dihadiri para ahli waris yang menerima secara simbolik gelar pahlawan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menjelaskan, lima tokoh yang mendapat gelar Pahlawan Nasional merupakan usulan masyarakat dan telah melewati sejumlah proses seleksi

Baca Juga: 14 September, Pahlawan Perempuan Rasuna Said Lahir, Jadi Google Doodle Juga

Berikut ini nama tokoh yang menerima anugerah gelar pahlawan nasional.

1. Almarhum DR dr H R Soeharto dari Jawa Tengah

Salah satu pendiri Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini telah berjuang bersama Presiden Soekarno pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah kemerdekaan, almarhum DR dr H R Soeharto juga ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air seperti pembangunan Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, pembangunan Rumah Sakit Jakarta dan department store syariah.

2. Almarhum KGPAA Paku Alam VIII

Raja Paku Alam yang bertahta pada tahun 1937-1989 ini bersama Sultan Hamengkubowono IX dari Keraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan Republik Indonesia sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X