TGIPF: PSSI dan Sub Organisasinya Harus Bertanggung Jawab

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 15:24 WIB
DOAKAN KORBAN: Ribuan suporter dari Banyumas dan sekitarnya berkumpul mendoakan korban tragedi Kanjuruhan di Alun-alun Purwokerto, Senin, 3 Oktober 2022 malam.  (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)
DOAKAN KORBAN: Ribuan suporter dari Banyumas dan sekitarnya berkumpul mendoakan korban tragedi Kanjuruhan di Alun-alun Purwokerto, Senin, 3 Oktober 2022 malam. (SMBanyumas/Dian Aprilianingrum)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) meminta PSSI beserta sub organisasinya bertanggung jawab terhadap peristiwa meninggalnya 132 orang suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober 2022 lalu.

Rekomendasi itu disampaikan TGIPF di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2022.

Dalam laporan setebal 124 halaman, TGIPF menyimpulkan sejumlah stakeholder harus bertanggung jawab secara hukum dan moral.

Ketua TGIPF, Mahfud MD mengatakan, dari hasil pemeriksaan, semua stakeholder saling melempar tanggung jawab karena merasa sudah melakukan prosedur dengan benar sesuai aturan dan kontrak.

Baca Juga: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Akan Berikan Rekomendasi Penyelesaian Kasus

"Yang satu (bilang) aturannya sudah begini maka kami laksanakan, yang satu bilang saya sudah kontrak, yang satu bilang 'saya sudah sesuai dengan statuta FIFA'. Sehingga dalam catatan kami pengurus PSSI harus bertanggung jawab dan sub-sub organisasinya," jelas Mahfud dalam keterangan pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat.

Menurut dia, pertanggung jawaban itu berdasarkan dua hal yaitu aturan resmi dan yang kedua berdasarkan moral.

Bila berdasar aturan maka disebut tanggung jawab hukum. Akan tetapi tapi hukum sebagai norma seringkali tidak jelas dan dapat dimanipulasi.

Baca Juga: Bambang Tri Mulyono dan Sugi Nur Raharja Ditetapkan Tersangka Penistaan Agama dan Ujaran Kebencian

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X