1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

- Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB
Ilustrasi Lintah (Pixabay)
Ilustrasi Lintah (Pixabay)

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com -Siapa sangka lintah yang dikenal sebagai binatang penghisap darah, ternyata punya potensi ekonomi yang menjanjikan. Sultan Lintah, UKM asal Bengkulu ternyata bisa mengekspor 1.000 lintah hidup (Hirudo medicinalis) ke Malaysia

"Ini komoditas unik dan ternyata pasarnya ada, tentu ekspor perdana ini menunjukkan potensi dan peluang Indonesia," ucap Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bengkulu, Sugeng Prayogo, Kamis 22 September 2022.

Baca Juga: Berkas Perkara Pembunuhan dan Penghalangan Penyidikan Pembunuhan Brigadir J Akan Digabung

Sugeng mengatakan, BKIPM Bengkulu telah menerbitkan sertifikat cara karantina ikan yang baik (CKIB) sebelum lintah diekspor ke Malaysia. Dengan demikian lintah dapat diterima di negara tujuan.

"Tentu kita lakukan pengecekan kualitas dan mutu produk sebelum dikirim agar tidak terjadi penolakan di negara tujuan. Dan Alhamdulillah, lintah hidup sudah dikirim Rabu (21 September)," ungkapnya.

Baca Juga: Glofish, Ikan Hias Kekinian yang Glowing Abis

Ia berharap ekspor lintah ke Malaysia, akan menjadi langkah awal yang baik bagi Provinsi Bengkulu untuk memasarkan produknya ke luar negeri. Ia juga mendorong pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lain menjaga sekaligus meningkatkan ekspor tersebut. 

"Langkah selanjutnya tentunya adalah bagaimana kita meningkatkan jumlah ekspor dan memperluas pasar," imbuhnya.

Baca Juga: Manfish, Ikan Hias dari Amazon Penghilang Stres

Halaman:

Editor: Gayhul Dhika

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Beras Mencukupi hingga Akhir Tahun

Jumat, 25 November 2022 | 06:15 WIB

BPJamsostek Sasar Pekerja Jasa Kontruksi

Kamis, 17 November 2022 | 11:58 WIB
X