Tenang, Gempa Tektonik M5,2 Guncang Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami

- Rabu, 28 Juli 2021 | 06:51 WIB
Peta  lokasi gempa Pacitan yang terjadi Selasa (27/7/2021) yang tak berpotensi tsunami. (Tangkapan layar dari IG Info BMKG)
Peta lokasi gempa Pacitan yang terjadi Selasa (27/7/2021) yang tak berpotensi tsunami. (Tangkapan layar dari IG Info BMKG)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Hari Selasa, 27 Juli 2021 pukul 23:21:51 WIB wilayah Selatan Jawa Timur diguncang gempa tektonik.

Dari info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,0.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,98° LS dan 111,43° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 km arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 61 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pacitan III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Nganjuk, Karangkates, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Kepanjen, Kendal, Madiun dan Gunung Kidul II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Terkini

Ini Cara Dapatkan dan Download Logo Hari Santri 2021

Rabu, 22 September 2021 | 07:42 WIB

Soal Adzan Dibuat Remix, Ini Tanggapan PBNU

Senin, 20 September 2021 | 20:39 WIB

PPKM Diperpanjang, Tidak Ada Level 4 di Jawa dan Bali

Senin, 20 September 2021 | 20:06 WIB
X