Sidang Banding Dipimpin Komjen, Ferdy Sambo Tak Dihadirkan

- Senin, 19 September 2022 | 11:48 WIB
Sidang PTDH Ferdy Sambo tak akan hadir.
Sidang PTDH Ferdy Sambo tak akan hadir.

 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Ferdy Sambo tidak akan dihadirkan dalam Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) banding atas putusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan terhadap tersangka Ferdy Sambo selaku mantan Kadiv Propam Polri, terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, digelar hari ini Senin 19 September 2022.

Sidang banding Ferdy Sambo dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB dengan dipimpin oleh jenderal bintang tiga alias Komisaris Jenderal (Komjen). Sementara wakil ketua dan anggota sidang banding ada empat pejabat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Adapun mekanisme KKEP Banding yang tidak menghadirkan Ferdy Sambo tersebut sesuai dengan Pasal 79 Perpol 7 tahun 2022, di mana menyatakan bahwa Sidang KKEP Banding memeriksa dan meneliti berkas banding meliputi pemeriksaan pendahuluan, persangkaan dan penuntutan, nota pembelaan, putusan Sidang KKEP, dan memori Banding.

Baca Juga: One Piece: 19 September, Hari Ulang Tahun Don Kreig

Sebagaimana dikutip dari PMJ News, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, tidak dihadirkannya Ferdy Sambo adalah sesuai mekanisme sidang KKEP banding. 

"Sidang nantinya hanya dihadiri perangkat Komisi Banding dan Sekretariat Rowabprof Divpropam Polri," terang Dedi Prasetyo, Senin 19 September 2022.

Lebih lanjut, KKEP Banding melakukan penyusunan pertimbangan hukum dan amar putusan dan pembacaan putusan KKEP Banding oleh Ketua KKEP.

Baca Juga: Persibangga Optimistis Lolos Penyisihan Liga 3 Asprov

"Berkas untuk banding sudah diterima dan dipelajari perangkat komisi banding, sehingga saat sidang banding menyampaikan pertimbangan masing-masing, penyiapan amar putusan, dan pembacaan putusan," jelas Dedi.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Belgia Tumbang oleh Maroko 2-0

Senin, 28 November 2022 | 16:57 WIB

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X