PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Jokowi Minta Maksimalkan 3T

- Minggu, 25 Juli 2021 | 21:05 WIB
PAKET ISOMAN: Paket vitamin dan obat disiapkan untuk dibagikan pada warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman), di Pendapa Si Panji Purwokerto, Kamis (22/7/2021). (SM/Dian Aprilianingrum)  (Dian Aprilianingrum)
PAKET ISOMAN: Paket vitamin dan obat disiapkan untuk dibagikan pada warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman), di Pendapa Si Panji Purwokerto, Kamis (22/7/2021). (SM/Dian Aprilianingrum) (Dian Aprilianingrum)



JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta peningkatan upaya pengetesan dan penelusuran secara lebih tinggi.

Hal itu dikemukakan Jokowi saat menyampaikan keputusan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 mulai 26 Juli hingga 2 Agustus mendatang seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, Minggu (25/7/2021).

Menurutnya, pengetesan dan penelusuran ini harus diikuti dengan perawatan yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan.

Presiden juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan kemungkinan munculnya varian lain yang lebih menular.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Sektor-sektor yang Mendapat Pelonggaran

"Penerapan protokol kesehatan yang ketat serta peningkatan testing, tracing, dan treatment (3T) akan menjadi pilar utama penanganan Covid-19 ke depannya. Memakai masker dan menjaga jarak harus terus dilakukan," kata Presiden dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta.

Secara khusus, dia meminta menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk membagikan vitamin, suplemen, memberikan dukungan obat-obatan, dan konsultasi dokter terhadap masyarakat yang melakukan isolasi mandiri, serta dukungan pengobatan di rumah sakit.

"Angka kematian harus ditekan semaksimal mungkin dan untuk daerah-daerah yang memiliki angka kematian yang tinggi, peningkatan kapasitas rumah sakit, isolasi terpusat, dan juga ketersediaan oksigen perlu ditingkatkan segera," tegasnya.

Baca Juga: Lagi-lagi Salah Sasaran, Warga Meninggal 4 Tahun Lalu dan Anak 6 Tahun Tercatat Menerima BST

Selain itu, untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro dan kecil.

Penjelasan secara terperinci mengenai hal tersebut akan dilakukan oleh Menteri Koordinator atau menteri terkait.

Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama bahu membahu melawan pandemi ini.

"Terakhir, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu dan bahu-membahu melawan Covid-19 ini. Dengan usaha keras kita bersama, insyaallah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,"  pungkasnya.

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Terkini

Ini Cara Dapatkan dan Download Logo Hari Santri 2021

Rabu, 22 September 2021 | 07:42 WIB

Soal Adzan Dibuat Remix, Ini Tanggapan PBNU

Senin, 20 September 2021 | 20:39 WIB

PPKM Diperpanjang, Tidak Ada Level 4 di Jawa dan Bali

Senin, 20 September 2021 | 20:06 WIB
X