Kemenag Minta Kepala Daerah Merujuk pada Regulasi, Ini Dia Persyaratan Khusus Pendirian Rumah Ibadah

- Selasa, 13 September 2022 | 08:55 WIB
Kemenag meminta kepala daerah memperhatian regulasi umum dan khusus pendirian rumah ibadah termasuk soal kasus penolakan pendirian gereja di Cilegon.(SM Banyumas/Dok pixabay)
Kemenag meminta kepala daerah memperhatian regulasi umum dan khusus pendirian rumah ibadah termasuk soal kasus penolakan pendirian gereja di Cilegon.(SM Banyumas/Dok pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Terkait dengan polemik penolakan pendirian gereja di Kota Cilegon, Banten, Kementerian Agama meminta kepala daerah dapat berpedoman dan memperhatikan Peraturan Menteri Bersama dan juga persyaratan khusus pendirian rumah ibadah.

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama Wawan Djunaed mengatakan terkait pendirian rumah ibadah, sikap Kepala Daerah seharusnya merujuk pada Peraturan Bersama Menteri (PBM) antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006.

PBM tersebut mengatur bahwa pendirian rumah ibadah harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung. 

Baca Juga: Soal Penolakan Pendirian Gereja, Wali Kota Cilegon Diminta Turut Penuhi Hak Beragama dan Keyakinan Warga

Selain itu, ada juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi terkait pendirian rumah ibadah.

Pertama, daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengguna rumah ibadah paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat.

Kedua, dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah/kepala desa.

Ketiga, rekomendasi tertulis kepala kantor departemen agama kabupaten/kota. Keempat, rekomendasi tertulis FKUB kabupaten/kota.

Baca Juga: Organda Banyumas: Pemerintah Perlu Pertimbangkan Pembatasan Kepemilikan Kendaraan

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X