KPK Ungkap Tarif Seleksi Mahasiswa Baru Unila Jalur Mandiri Rp 100 Juta-Rp 350 Juta Per Orang

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:51 WIB
Rektor Unila Akui terima uang hingga 350 Juta untuk diluluskan menjadi mahasiswa (Youtube KPK)
Rektor Unila Akui terima uang hingga 350 Juta untuk diluluskan menjadi mahasiswa (Youtube KPK)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap tarif kesepakatan uang suap yang diberikan orang tua yang ingin anaknya lulus diterima dalam penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) berkisar dari Rp 100 juta sampai 50 juta per mahasiwa.

KPK mengungkap peran dari Karomani Rektor Universitas Lampung (Unila) yang telah ditahan bersama tiga orang lainnya terkait kasus dugaan suap Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (Simanila).

"KRM memerintahkan HY (Heryandi) selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Budi Sutomo selaku Karo Perencanaan dan Hubungan Masyarakat serta melibatkan MB (Muhammad Basri) selaku Ketua Senat untuk turut serta menyeleksi secara personal terkait kesanggupan orang tua mahasiswa yang apabila ingin dinyatakan lulus," ungkap Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron dalam konferensi pers Minggu 21 Agustus 2022. 

Baca Juga: Usai OTT, KPK Tetapkan Rektor Unila Karomani dan TIga Orang Lain Menjadi Tersangka

Menutut Ghufron, ketiganya diberikan tugas oleh Karomani untuk mengumpulkan sejumlah uang yang disepakati dengan pihak orang tua peserta seleksi yang sebelumnya telah dinyatakan lulus berdasarkan penilaian yang sudah diaturnya.

"Terkait besaran nominal uang yang disepakati antara pihak KRM diduga jumlahnya bervariasi dengan kisaran minimal Rp100 juta sampai Rp350 juta untuk setiap orang tua peserta seleksi yang ingin diluluskan," tututnya.

Ghufron mengatakan Karomani diduga memerintahkan Mualimin untuk turut mengumpulkan sejumlah uang dari para orang tua peserta seleksi yang ingin dinyatakan lulus oleh Karomani.

Baca Juga: Polri Akan Segera Gelar Reka Ulang Kasus Penembakan Brigadir J

"Seluruh uang yang dikumpulkan KRM melalui Mualimin yang berasal dari orang tua calon mahasiswa yang diluluskan KRM berjumlah Rp603 juta dan telah digunakan untuk keperluan pribadi KRM sekitar Rp575 juta," terangnya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahfud MD: Teroris Bukan Pejuang Agama!

Jumat, 9 Desember 2022 | 08:43 WIB

Status Vulkanik Gunung Semeru Meningkat Menjadi Awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:08 WIB
X