Soal Pemilu 2024, Jokowi: Jangan Ada Lagi Polarisasi Agama, Jangan Ada Lagi Polarisasi Sosial

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:53 WIB
Jokowi tidak menyinggung masalah kenaikan gaji PNS 2023 dalam pidato penyampaian kerangka RUU APBN 2023. (Tangkap layar setkab.go.id)
Jokowi tidak menyinggung masalah kenaikan gaji PNS 2023 dalam pidato penyampaian kerangka RUU APBN 2023. (Tangkap layar setkab.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-  Dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2022 di Gedung MPR, Jakarta Pusat, Selasa 16 Agustus 2022, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi turut menyinggung soal Pemilu 2024

Ia meminta semua pihak untuk tidak lagi memunculkan politik identitas, polarisasi agama hingga polarisasi sosial dalam seluruh tahapan Pemilu serentak 2024 mendatang. 

“Tahapan Pemilu yang sedang dipersiapkan oleh KPU harus kita dukung sepenuhnya. Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama," ujar Jokowi yang mengenakan busana adat Bangka Belitung. 

Baca Juga: Dukung Bharada E Sebagai JC, Kamarudin Simanjutak: Sejak Awal Dia Bukan Pelaku, tapi Dia Disuruh

Seperti diketahui saat ini proses pendaftaran Partai Politik juga sudah mulai dilaksanakan dan dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Jokowi juga mengingatkan supaya tidak ada lagi polarisasi sosial selama Pemilu 2024.

"Jangan ada lagi polarisasi sosial," tambahnya.

Dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia, ucap Jokowi, harus semakin dewasa. Jokowi berterima kasih kepada para tokoh berbagai kalangan yang berkontribusi memperkokoh persatuan.

Baca Juga: Pengacara Brigadir J Minta Putri Candrawathi Jadi Tersangka

"Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat. Terima kasih kepada ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kebudayaan, yang berkontribusi besar memperkokoh fondasi kebangsaan, serta merawat persatuan dan kesatuan nasional," paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap seluruh lembaga negara menjaga nilai demokrasi dan mendukung berbagai upata mengokohkan ideologi Pancasila.

"Saya juga mengharapkan dukungan dari semua lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri tercinta ini, untuk memperkokoh ideologi bangsa," tegasnya.***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Kamerun vs Serbia 3-3

Selasa, 29 November 2022 | 08:55 WIB

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X